Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Perlu anda ketahui bahwa sekitar 35% kematian di indonesia disebabkan karena penyakit jantung koroner. Sehingga menjadikan penyakit jantung koroner ini menjdi salah satu penyebab kematian tertinggi di indonesia.

Sebenarnya apa hal mendasar yang menjadi penyebab penyakit jantung koroner serta apa saja gejala dan bagaimana cara mencegah penyakit ini ? Mungkin pertanyaan tersebut menjadi salah satu pertanyaan yang ingin anda tanyakan juga. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya selaku admin stikesku.com akan berbagi informasi mengenai Penyebab Penyakit Jantung Koroner serta Gejala dan Cara Mencegahnya yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda semua.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner serta Gejala dan Cara Mencegahnya

Penyebab Penyakit Jantung Koroner serta Gejala dan Cara Mencegahnya

Penyebab Penyakit Jantung Koroner
Aterosklerosis atau adanya penimbunan lemak dalam arteri merupkan hal mendasar yang menjadi penyebab penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan arterosklerosis dapat menyebabkan suplai darah ke jantung menjadi berkurang dan dapat memicu terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini dapat memblokir suplai darah ke jantung. Sehingga supai darah ke jantung menjadi terblokir karena adanya penggumpalan darah ini. Sehingga menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan seseorang rentan terkena penyakit jantung koroner, beberapa diantaranya yaitu :

~ Kebiasaan Merokok
~ Pola Hidup yang Buruk, Misalnya : kurang berolahraga, sering mengonsumsi makanan berlemak, dan jarang mengonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran.
~ Kadar Kolesterol yang Tinggi
~ Hipertensi
~ Penyakit Diabetes
~ Kelebihan Berat Badan
~ Faktor Usia ( Makin tua usia seseorang, makin tinggi risikonya untuk mengidap penyakit jantung ).
~ Jenis Kelamin ( Pria lebih beresiko mengidap penyakit jantung koroner jika dibandingkan dengan wanita )

Gejala Penyakit Jantung Koroner
Jantung koroner merupakan kondisi medis darurat yang mana harus segera di tangani secepatnya. Terdapat beberapa gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita penyakit jantung koroner, bebeberapa diantaranya yaitu :

~ Mengalami Sesak Napas
~ Mengalami rasa nyeri atau sakit pada bagian dada. Dada terasa tertekan, sempit, dan teremas pada bagian tengah. Rasa sakit tersebut bisa terasa ringan atau juga terasa sangat parah. Selain itu, pada wanita, orang tua, dan juga penderita diabetes, rasa sakit tersebut terkadang tidak terasa sama sekali.
~ Mudah pusing dan merasa lelah
~ Mengalami batuk batuk dan berkeringat
~ Merasa Gelisah atau pusing
~ Merasa mual, sakit perut dan sistem pencernaan terganggu.
~ Mengalami rasa sakit pada bagian tubuh lainnya selain dada. Mulai dari lengan terutama sebelah kiri, rahang, leher, punggung, dan juga perut.

Jika anda merasakan gejala gejala seperti di atas, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab dari gejala yang anda rasakan, sehingga anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua penderita penyakit jantung mengalami gejala seperti yang telah dituliskan di atas. Karena terdapat sebagian orang yang tidak merasakan gejala apapun dan sebagian lainnya langsung mengalami henti jantung.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner
Terdapat beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, salah satunya yaitu berhenti merokok. Karena seperti apa yang telah dijelaskan tadi di atas, bahwa merokok menjadi penyabab seseorang terkena penyakit jantung. Selain berbahaya untuk jantung, merokok juga dapat meningkatkan resiko anda terkena berbagai penyakit lainnya seperti penyakit pada paru-paru dan juga stroke.

Selain berhenti merokok, menerapkan pola hidup sehat seperti : berolah raga secara teratur serta menjaga pola makan merupakan salah satu langkah untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Menjaga kadar kolesterol agar tetap normal, menurunkan berat badan berlebih, mengendalikan tekanan darah agar tetap normal dan juga membatasi minuman beralkohol juga merupakan cara lain yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Semoga saja dengan adanya informasi Penyebab Penyakit Jantung Koroner serta Gejala dan Cara Mencegahnya yang telah disamapikan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya. Salam sehat untuk semuanya.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner serta Gejala dan Cara Mencegahnya

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*