Penyebab Payudara Gatal Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

Tidak sedikit para ibu yang mengalami rasa gatal pada payudaranya disaat mereka sedang menyusui. Dan pastinya anda juga merasa penasaran dengan penyebab pasti mengapa payudara terasa gatal disaat sedengan menyusui, dan bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya.

Penyebab Payudara Gatal Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

Untuk menjawab rasa penasaran anda, pada artikel kali ini stikesku.com akan berbagi informasi mengenai Penyebab Payudara Gatal Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Penyebab Payudara Gatal Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

Infeksi jamur merupakan penyebab umum terjadinya rasa gatal pada payudara disaat sedang menyusui. Selain dapat membuat payudara anda terasa gatal, infeksi jamur juga dapat menyebar dan berkembang pada mulut bayi anda. Jamur candida abicans merupakan jenis jamur penyebab terjadinya infeksi ini. Sebetulnya jamur jenis ini normal berada pada sistem pencernaan kita, akan tetapi apabila jamur tersebut tumbuh serta membesar secara berlebihan, maka dapat menyebabkan infeksi.

Kondisi rasa gatal pada payudara yang diakibatkan oleh infeksi jamur ini bisa terjadi karena periode menyusui dapat membuat likungan yang sempurna bagi jamur agar dapat berkembang di payudara. Payudara ibu serta mulut anak menjadi tempat yang lembap, hangat serta manis ketika sedang menyusui. Keadaan ini dapat menjadi lokasi yang sangat disukai oleh jamur supaya dapat tumbuh subur.

Infeksi jamur yang menjadi penyebab gatal pada payudara wanita juga bisa terjadi disaat bunda sedang atau baru selesai mengkonsumsi obat antibiotik. Antibiotik yang masuk ke ASI dan diisap oleh sang buah hati dapat menyebabkan terbunuhnya bakteri baik yang menjadi pengendali jamur di rongga mulut sang buah hati. Dengan demikian, sang buah hati akan terserang infeksi jamur di rongga mulutnya dan dapat menularkannya kepada payudara anda. Selain itu, infeksi jamur tersebut juga dapat terjadi karena anda memiliki infeksi jamur di vagina dan menular pada sang buah hati dan menyebabkan bayi tersebut terinfeksi. Selanjutnya, sang bayi dapat menularkan infeksi jamur tersebut kepada ibu selama masa menyusui.

Cara Mengatasi Rasa Gatal Payudara Akibat Infeksi Jamur
Langkah pertama untuk mengatasi infeksi jamur yang menjadi penyabab rasa gatal pada payudara ketika menyusui adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter supaya bisa mendapatkan perawatan dengan tepat. Anda kemungkinan dokter akan memberikan resep sebagai berikut :

  • Krim anti-jamur Nystatin. Biasanya dokter meresepkan krim ini dan menyarankan kepada anda untuk mengoleskannya pada area bercak putih yang terdapat di dalam mulut si kecil setelah menyusui.
  • Selain itu, Krim anti-jamur clotrimazole atau tionazole juga akan dirokendasikan oleh dokter. Cara penggunaan krim ini yaitu dengan mengoleskannya pada area payudara yang terasa gatal selama 1 minggu hingga 10 hari.
  • Jika anda sudah menggunakan krim anti-jamur tersebut namun infeksi jamur masih tetap ada dan tidak menghilang, kemungkinan dokter akan memberikan resep obat anti-jamur yang lebih kuat dari resep sebelumnya, seperti fluconazole, untuk diminum.

Sedangkan untuk sang bayi, ada kemungkinan dokter akan meresepkan obat anti-jamur yang memiliki kandungan miconazole dan nystatin. Biasanya obat-obatan tersebut digunakan setelah sang bayi menyusui dengan dosis sebanyak empat kali dalam sehari, atau sesuai dengan anjuran dokter.

Walaupun payudara anda telah bersih dari infeksi jamur penyebab rasa gatal, anda dianjurkan untuk tetap menggunakan obat tersebut selama dua hari. Hal ini sangat diperlukan guna membantu mencegah infeksi jamur tersebut datang kembali. Jika anda sudah menjalani pengobatan dalam seminggu namun infeksi tersebut tetap ada dan tidak kunjung hilang, segera kunjungi dokter supaya bisa mendapatkan pengobatan atau saran lebih lanjut.

Usahakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih sebelum anda mengoleskan krim yang diresepkan dokter tersebut ke area payudara yang terasa gatal. Ketika anda hendak menyusui, maka bersihkanlah terlebih dahulu payudara anda dari krim tersebut dan oleskan kembali setelah anda selesai menyusui. Cuci serta sterilkan semua mainan yang biasa digunakan oleh sang bayi serta dot dan pompa ASI ke dalam air mendidih selama kurang lebih 20 menit setiap setiap kali selesai digunakan. Hal ini perlu untuk dilakukan supaya anda serta sang buah hati tidak terinfeksi kembali.

Walaupun infeksi jamur yang menjadi penyebab payudara terasa gatal ini tidak berbahaya, akan tetapi alangkah baiknya jika anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter supaya bisa segera diobati. Karena jika kondisi seperti ini dibiarkan begitu saja, maka dapat menyebabkan anda serta sang buah hati akan terus saling menularkan selama masa menyusui.

Penyebab Payudara Gatal Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*