Pengaruh Kopi yang Mengandung Kafein Terhadap Bayi dan Ibu Menyusui

Pengaruh Kopi yang Mengandung Kafein Terhadap Bayi dan Ibu Menyusui

Pengaruh Kopi yang Mengandung Kafein Terhadap Bayi dan Ibu Menyusui,- Jika kita terbiasa minum kopi, maka akan terasa ada yang kurang jika kita tidak meminumnya walau hanya dalam waktu sehari saja. Akan tetapi, untuk ibu yang baru melahirkan atau sedang dalam masa menyusui, apakah diperbolehkan mengkonsumsi kopi berkafein ? Amankan kafein bagi ibu yang sedang menyusui serta bagi sang buah hati ?

Pengaruh Kopi yang Mengandung Kafein Terhadap Bayi dan Ibu Menyusui

Bagi anda seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui dan pecinta kopi, tidak perlu takut untuk mengkonsumsi kopi, karena pada dasarnya kopi yang mengandung kafein tidak dilarang diminum oleh ibu menyusui, akan tetapi jumlahnya harus dibatasi atau tidak boleh berlebihan. Karena, ketika kafein masuk ke dalam alirah darah ibu menyusui, kurang dari satu persennya akan masuk ke dalam ASI. Sehingga menyebabkan Jumlah kafein dalam ASI pun akan terakumulasi beberapa jam setelah dikonsumsi.

Sedangkan tubuh sang bayi belum dapat memecah serta menyingkirkan kafein yang terdapat dalam tubuhnya dengan mudah, karena hati serta ginjalnya belum berkembang dengan baik dan sempurna. Kondisi ini mungkin akan mengakibatkan terjadinya penumpukan kafein dalam sistem tubuhnya. Kondisi ini dapat menyebabkan sang bayi menjadi rewel serta sulit tidur. Semakin muda usia bayi, maka akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk membuang kaefin dari dalam tubuhnya. Jika sang bayi telah berusia di atas sembilan bulan, barulah dia dapat menghilangkan kafein yang terdapat dalam tubuhnya sama seperti orang dewasa.

Sementara itu, bagi ibu menyusui yang sedang memiliki gangguan pada sistem peredaran darahnya (penyakit Raynaud) disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Penyakit ini disebabkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah yang mana dapat membuat jari kaki, jari tangan, serta bagian tubuh yang lainnya menjadi trasa seperti ditusuk banyak jarum dan terasa dingin karena kekurangan darah. Kafein dapat membuat penyempitan pembuluh darah menjadi semakin parah, sehingga dapat menyebabkan aktivitas menyusui menjadi terasa menyakitkan. Kondisi ini kemungkinan karena puting payudara terasa sakit seperti ditusuk-tusuk.

Pengaruh Kopi yang Mengandung Kafein Terhadap Bayi dan Ibu Menyusui

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*