Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Maag

Sakit maag merupakan suatu kondisi umum yang mana penderitanya mengalami rasa tidak nyaman pada perit bagian atas. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja. Beberapa makanan yang kita konsumsi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan sakit maag. Berikut Beberapa Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Maag Yang Perlu Dihindari supaya penyakit tersebut tidak terasa dan kambuh lagi.

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Maag Yang Perlu Dihindari

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Maag

Terdapat banyak hal yang dapat memicu terjadinya sakit maag atau dispepsia, beberapa diantaranya yaitu, makan terlalu banyak atau terlalu cepat, mengonsumsi obat-obatan tertentu, stres, dan menderita penyakit tertentu. Selain itu, sakit maag dapat disebabkan karena gaya hidup yang buruk dan tidak sehat.

Berikut adalah beberapa daftar makanan serta minuman yang harus anda kurangi atau bahkan hindari supaya dapat terhindar dari penyakit maag :

Makanan pedas
Pada beberapa orang, mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan. Maka dari itu, jika anda seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag ataupun gangguan pencernaan lainnya, alangkah baiknya untuk menghindari makanan pedas, makanan yang kaya akan rempah-rempah, serta dianjurkan untuk memilih makanan lembut.

Makanan digoreng
Makanan digoreng adalah salah satu makanan yang harus anda hindari jika tidak ingin penyakit maag anda kambuh. Karena, makanan yang digoreng membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat dicerna, memiliki kandungan serat yang rendah, serta dapat membuat anda merasa kembung.

Makanan yang mengandung lemak
Walaupun membutuhkan bukti atau penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh makanan berlemak terhadap sakit maag, akan tetapi, lemak dapat memperlambat otot-otot pencernaan yang mengakibatkan otot-otot kandungan empedu berkontaksi. Selain itu, makanan berlemak juga dapat menyebabkan memburuknya kondisi penderita konstipasi, memperlambat pengosongan lambung, serta dapat menyebabkan diare.

Makanan dan minuman asam
Bila anda memiliki riwayat penyakit maag, alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi lemon, buah jeruh, saus tomat, limau, serta minumam yang berkarbonasi/bersoda bersifat asam. Karena makanan makanan tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah pada sistem pencernaan, salah satunya yaitu dapat menyebabkan penyakit maag menjadi kambuh kembali.

Makanan dan minuman manis
Makanan dan minuman yang menggunakan pemanis buatan juga dapat menyebabkan sakit maag. Ini disebabkan karena tidak sepenuhnya pemanis dapat dicerna serta diserap oleh tubuh sebelum mencapai usus.

Minuman berkafein
Minuman yang mengandung kafein seperti, teh, kopi, soda dan cokelat dapat menyebabkan terangsangnya saluran pencernaan. Jika anda mengkonsumsinya secara berlebiha, maka dapat menyebabkan sakit maag, diare atau bahkan dapat memperburuk gangguan pencernaan anda.

Alkohol
Menghindari minuman beralkohol merupakan langkah yang sangat tepat sekali bagi anda yang sedang menderita penyakit maag. Karena, selain tidak mengandung vitamin, protein serta berbagai nutrisi lainnya, alkohol sangat berbahaya bagi metabolisme hati, lapisan lambung, dan dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan serta dapat membuat masalah kesehatan lainnya.

Terdapat banyak pilihan makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh penderita maag. Maka dari itu, mari kurangi serta hidari makanan serta minuman yang beresiko tinggi dapat menyebabkan kondisi sakit maag menjadi lebih buruk lagi.

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Maag

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*