Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Menjalankan pola hidup sehat seperti menghindari Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol serta berolah raga secara teratur merupakan salah satu cara untuk menjaga supaya kadar kolesterol dalam darah tetap stabil serta mencegah kambuhnya penyakit asam urat.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Terdapat beberapa daftar makanan yang dapat menyebabkan kadar asam urat serta kolesterol dalam darah menjadi tinggi. Berikut beberapa daftar makanan yang sebaiknya untuk anda kurangi atau hindari dalam mengkonsumsinya :

Jeroan
Selain orang yang menderita asam urat, orang yang dengan kadar kolesterol tinggi juga disarankan untuk menghindari mengkonsumsi jeroan. Hal ini disebabkan karena jeroan seperti kikil, babat, ginjal, hati, kelenjar timus, dan lain sebagainya mengandung kadar purin yang tinggi yang mana dapat menyebabkan kadar asam urat menjadi meningkat. Selain itu, hati juga mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga memang disarakan kepada anda untuk menghindari mengkonsumsi jeroan, terutama hati.

Makanan laut (seafood)
Makanan laut atau seafood seperti sarden, teri, tuna, markel, dan kerang merupakan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat, karena kandungan purin yang terdapat dalam beberapa makanan tersebut sangat tinggi. Selain itu, lobster juga merupakan salah satu jenis seafood yang harus anda hindari, terutama anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Ini disebabkan karena kandungan kolesterol yang terdapat dalam lobster sangat tinggi. Pada lobster dengan ukuran 85 gram, terkandung kolesterol sebanyak 61mg. Apalagi jika proses pengolahan lobster tersebut dilakukan dengan cara di goreng atau anda mengkonsumsi lebih dari satu ekor, pastinya kadar kolesterol anda akan menjadi semakin meningkat.

Membatasi mengkonsumsi makanan laut merupakan salah satu langkah terbaik supaya kadar asam urat serta kolesterol dalam darah anda berada dalam kadar normal dan tetap terjaga.

Daging
Membatasi asupan daging juga sangat disarankan kepada anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat serta yang kadar kolesterol dalam darahnya tinggi. Karena kandungan purin serta kolesterol yang terdapat dalam daging, terutama daging merah sangat tinggi.

Jika anda ingin mengkonsumsi daging merah, alangkah baiknya jika terlebih dahulu anda membuang lemak yang menempel pada daging. Atau anda juga dapat mengkonsumsi daging putih seperti daging kalkun atau ayam. Akan tetapi perlu untuk anda perhatikan juga cara pengolahannya, disarankan untuk tidak diolah dengan cara digoreng, dan hindari untuk mengkonsumsi kulitnya.

Alkohol
Selain buruk untuk sistem syaraf dan kesehatan tubuh, alkohol juga dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah anda menjadi tinggi serta penyakit asam urat anda juga dapat kambuh kembali. Selain itu, mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol terutama bir dapat menyebabkan tubuh kesulitan dalam membuang asam urat keluar dari dalam tubuh serta dapat membuat kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah menjadi meningkat.

Dengan menjaga kadar kolesterol dalam darah serta asam urat supaya tetap berada dalam kondisi stabil, maka tubuh yang sehatpun dapat kita raih. Selain dengan menjaga asupan makanan, berolah raga secara terartur setidaknya 30 menit setiap harinya juga dapat membantu tubuh berada dalam kondisi sehat.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*