Makanan dan Minuman Pemicu Rematik Asam Urat

Sebenarnya terdapat banyak hal yang dapat menjadi faktor pemicu serangan rematik asam urat, salah satunya yaitu berat badan berlebih. Sehingga menurunkan berat badan hingga ke batas normal merupakan salah satu langkah utama untuk mencegah terjadinya serangan asam urat.

Selain itu, terdapat juga beberapa Daftar Makanan dan Minuman Pemicu Rematik Asam Urat Yang Harus Dihindari untuk mencegah penyakit tersebut menyerang kita. Walaupun dengan Menghindari makanan dan minuman yang bisa menjadi faktor pemicu rematik asam urat bukan bertujuan untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit asam urat, akan tetapi dengan hal ini dapat membantu kita untuk untuk mengontrol serangan asam urat dan mencegahnya kambuh kembali.

Berikut Beberapa Daftar Makanan dan Minuman Pemicu Rematik Asam Urat Yang Harus Dihindari :

Makanan dan Minuman Pemicu Rematik Asam Urat Yang Harus Dihindari

Makanan yang mengandung kadar purin tinggi
Purin adalah bahan yang terkandung secara alami yang terdapat dalam beberapa jenis makanan dan diproses dalam tubuh menjadi asam urat. Sehingga dengan kita menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi, maka kita dapat mencegah serangan rematik asam urat kambuh kembali.

Berikut beberapa daftar makanan yang mengandung kadar purin tinggi :

  • Daging merah ( Daging sapi dan kambing )
  • Hati sapi
  • Sajian boga bahari (teri, kerang, sarden)
  • Sayur bayam

Alangkah baiknya anda untuk membatasi atau menghindari mengkonsumsi semua jenis daging, mulai dari daging ayam hingga daging sapi. Supaya kadar purin anda tidak semakin tinggi sehingga tidak memicu terjadinya serangan rematik asam urat.

Minuman Keras
Selain dapat merusak organ hati, minuman keras yang mengandung alkohol seperti bir dapat memicu naiknya kadar asam urat dan rematik atua gout. Selain itu, minuman keras yang mengandung alkohol ini dapat memicu dehidrasi.

Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi, maka dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan ginjal dalam membuang kelebihan asam urat. Selain karena minuman keras, kekurangan air minum juga dapat menyebabkan anda terkena dehidrasi dan menyebabkan anda lebih beresiko terkena serangan rematik asam urat.

Sehingga dengan memperbanyak minum air putih dan menghindari minuman keras beralkohol merupakan langkah utama yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit ini.

Dengan kita mengetahui secara spesifik daftar makanan dan minuman yang dapat menjadi faktor pemicu serangan rematik asam urat, dapat membantu kita untuk bisa hidup menjadi lebih sehat dan nyaman.

Makanan dan Minuman Pemicu Rematik Asam Urat

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*