Efek Samping Berbahaya Bagi Tubuh Jika Mengkonsumsi Ganja

Dewasa ini, banyak orang yang menggunakan ganja untuk mendapatkan ketenangan atau kesenangan. Walaupun sebenarnya ganja ini termasuk kedalam tanaman herba, akan tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan tanpa adanya resep dari dokter akan menyebabkan orang yang mengkonsumsinya mengalami gangguan kesehatan organ serta kesehatan umum lainnya.

Efek Samping Berbahaya Bagi Tubuh Jika Mengkonsumsi Ganja atau Mariyuana

Efek Samping Berbahaya Bagi Tubuh Jika Mengkonsumsi Ganja

Sebenarnya tidak sedikit para dokter yang memasukan ganja kedalam resepnya untuk digunakan dalam mengatasi berbagai kondisi tertentu, dan menjadikan ganja termasuk kedalam salah satu tanaman herba. Akan tetetapi jangan pernah anda menggunakan ganja tanpa adanya resep dari dokter, karena terdapat Efek Samping Berbahaya Bagi Tubuh Jika Mengkonsumsi Ganja atau Mariyuana tanpa adanya resep dokter. Beberapa diantarnya yaitu :

Paru-paru
Menurut hasil dari beberapa penelitian, jika dibandingkan dengan tar tembakau, tar pada ganja memiliki kadar yang lebih tinggi, bahkan hampir tiga kali lipat. Selain itu, kandungan zat penyebab penyakit kanker pada asa ganja juga 70% lebih tinggi jika dibandingkan dengan asap tembakau. Sehingga risiko anda terkena penyakit kanker paru-paru menjadi semakin meningkat.

Ganja atau mariyuana juga dapat memperburuk kondisi seseorang yang menderita asma dan fibrois kistik. Selain itu, orang yang tidak memiliki riwayat penyakit asma pun dapat mengalami sesak nafas apabila mengkonsumsi ganja atau mariyuana. Risiko anda terkena penyakit pada paru-paru akan menjadi lebih tinggi apabila mencampur tembakau dan ganja.

Otak
Terlalu lama atau terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi ganja dapat membuat kemampuan berpikir seseorang terganggu, berkurangnya fungsi otak, dan juga kehilangan memori akut. Kondisi ini dapat berbahaya dalam menjalankan aktifitas sehari hari, contohnya adalah ketika sedang menyetir, karena menyetir memang membutuhkan konsentrasi penuh.

Kesehatan mental
Risiko anda terkena penyakit psikotik seperti skizofernia akan meningkat apabila anda suka mengisap ganja. Selain itu, pemakain ganja biasanya suka mengalami halusinasi, delusi, depresi, mengalami rasa cemas, dan mengalami serangan panik. Jika anda menggunakan ganja disaat usia remaja, maka risiko anda terkena penyakit psikotik juga akan menjadi lebih tinggi dan memiliki riwayat penyakit mental dalam keluarga.

Sistem peredaran darah
Seseorang yang mengisap ganja akan mengalami detak jantung hingga 20-50 denyut per menit. Kondisi ini dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung bagi orang yang mengidap penyakit jantung. Selain itu, ganja juga dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah tinggi, perdarahan, serta dapat menyebabkan mata menjadi memerah karena adanya perlebaran pada pembuluh darah.

Sistem pencernaan
Mengisap ganja dapat membuat mulut dan tenggorokan menjadi terasa menyengat atau sensasi terbakar (rasa perih) dan juga dapat menyebabkan rasa mual serta ingin muntah.

Sistem kekebalan tubuh
Selain dapat merusak beberapa organ tubuh, mengisap ganja juga dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh menjadi semakin sulit dalam melawan infeksi.

Kesuburan
Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli terhadap hewan, ganja dapat menyebabkan produksi sperma menjadi terganggu, dan menurunnya kualitas sperma. Selain itu, ganja juga dapat menyebabkan menurunnya level hormon testoren serta libido pada laki-laki. Sedangkan efek bagi wanita adalah terganggunya ovulasi pada wanita.

Kehamilan
Apabila anda seorang wanita yang sedang mengandung, alangkah baiknya untuk tidak menghisap ganja, dan menghindari asap ganja. Karena dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak janit, menyebabkan kelainan pada janin, memperlambat pertumbuhan janin, dan juga dapat menyebabkan anak mengalami leukimia. Selain itu, apabila anda mencampur ganja dengan tembakau diduga dapat menyebabkan risiko bayi anda terlahir prematur akan menjadi semakin meningkat.

Selain memiliki Efek Samping Berbahaya Bagi Tubuh, ganja juga dapat menyebabkan seseorang terjerat dengan hukum. Maka dari itu, mulailah hindari ganja dari sekarang sebelum kondisi kesehatan anda menjadi semakin buruk lagi.

Efek Samping Berbahaya Bagi Tubuh Jika Mengkonsumsi Ganja

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*