Ciri-Ciri atau Gejala Penyakit Paru-Paru Basah

Paru-Paru basah atau dalam bahasa medisnya disebut dengan pneumonia merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada paru-paru yang menyebabkan terjadinya peradangan pada jaringan di salah satu atau kedua paru-paru.

Ciri-Ciri atau Gejala Penyakit Paru-Paru Basah

Menurut data WHO atau badan kesehatan dunia, paru-paru basah atau pneumonia merupakan penyebab terbesar kematian pada anak-anak. Diperkirakan sekitar 1,1 juta anak di dunia ini meninggal pada tiap tahunnya dikarenakan penyakit ini.

Terkait angka kematian anak-anak yang disebabkan karena penyakit pneumonia, indonesia menduduki peringkat ke-8. Pada tahun 2008 saja, trdapat kurang lebih sekitar 38.000 jiwa anak indonesia yang meninggal karena penyakit ini.

Mengetahui informasi seputar Ciri-Ciri atau Gejala Penyakit Paru-Paru Basah ( Pneumonia ) merupakan suatu langkah utama yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit ini menjadi semakin parah lagi. Karena dengan kita mengetahui gejalanya, maka kita dapat menghindari penyebabnya, hal-hal yang membuat penyakit ini semakin parah dan memeriksana diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan sejak dini.

Ciri-Ciri atau Gejala Penyakit Paru-Paru Basah ( Pneumonia )

Batuk, demam dan kesulitan bernapas merupakan gejala awal yang umumnya dirasakan oleh orang yang mengidap penyakit pneumonia. Gejala-gejala tersebut dapat muncul secara perlahan-lahan dalam waktu beberapa hari atau secara tiba-tiba (setelah satu atau dua hari).

Selain beberapa gejala umum seperti batuk, demam dan kesulitan bernapas, pneumonia juga memiliki berbagai macam gejal lainnya yang mungkin mirip dengan penyakit infeksi saluran pernapasan lainnya, seperti bronkitis akut. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Demam, berkeringat, serta menggigil
  • Mengalami kesulitan saat bernapas, contohnya seperti napas terengah-engah dan pendek serta mengalami sesak napas walau sedang beristirahat.
  • Sering batuk-batuk, baik itu batuk kering atau batuk dengan keluar dahak kental yang berwana kuning atau hijau dan disertai darah.
  • Dada terasa sakit saat batuk atau menarik napas dalam.
  • Jantung berdetak dengan cepat
  • Persendian terasa nyeri
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mengalami mual dan muntah
  • Kepala sering terasa sakit

Segera periksakan diri anda ke dokter jika mengalami beberapa gejala pneumonia seperti apa yang telah disebutkan di atas. Apabila anda mengalami gejala parah  terutama napas terengah-engah, demam yang tidak kunjung turun, sakit dada, atau kebingungan, maka segera cari bantuan medis, Agar bisa mendapatkan perawatan secepatnya dengan tepat.

Ciri-Ciri atau Gejala Penyakit Paru-Paru Basah ( Pneumonia )

Random Posts

  • Ciri-Ciri atau Gejala Insomnia Ciri-Ciri atau Gejala Insomnia

    Insomnia merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami susah tidur dimalam hari. Biasanya kondisi ini dapat menyebabkan pengidapnya mengalami penurunan kondisi […]

  • 16 Macam Jenis Gangguan Psikologi Yang Sering Terjadi 16 Macam Jenis Gangguan Psikologi

    Mungkin dalam pikiran anda, gangguan psikolog adalah orang yang sakit jiwa. Tapi perlu anda ketahui, sebenarnya terdapat berbagai macam jenis […]

  • 12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata 12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata

    12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata,- Tidak dapat kita pungkiri, bahwa Mata adalah jendela dunia. Hal ini dikarenakan mata memiliki […]

  • Berbagai Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan Berbagai Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan

    Pernapasan merupakan salah satu anugerah yang sangat penting namun jarang sekali untuk diperhitungkan. Pernapasan atau juga disebut dengan respirasi merupakan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*