Ciri Ciri atau Gejala Penyakit Jantung Koroner

Mencari informasi mengenai Ciri Ciri atau Gejala Penyakit Jantung Koroner Yang Umum Terjadi merupakan suatu hal yang memang sangat penting untuk kita lakukan, karena dengan kita mengetahui gejalanya, setidaknya kita dapat mencegah penyakit tersebut sehingga tidak berkembang menjadi semakin parah.

Ciri Ciri atau Gejala Penyakit Jantung Koroner Yang Umum Terjadi

Penyakit jantung koroner atau yang juga sering disebut dengan penyakit jantung iskemik merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia yang mana sekitar 35% kematian di indonesia disebabkan oleh penyakit ini.

Jantung koroner merupakan suatu penyakit yang terjadi karena aliran darah ke jantung terhambat oleh lemak. Penyakit jantung koroner sendiri terbagi ke dalam dua jenis yang dikategorikan berdasarkan tingkat penyumbatan aliran darah ke jantung.

Berikut Ciri Ciri atau Gejala Penyakit Jantung Koroner Yang Umum Terjadi Berdasarkan Jenisnya

Angina
Angina atau yang lebih terkenal dengan sebutan angin duduk adalah salah satu penyakit pada dada yang terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan suplai darah ke otot jantung menjadi berkurang. Orang yang mengalami kondisi ini memiliki risiko lebih besar mengalami serangan jantung jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita angina.

Serangan ini biasanya dapat berlangsung beberapa menit dan dapat dipicu karena stres atau aktivitas fisik. Ciri ciri serta gejal yang biasa dirasakan penderitapun bermacam macam, ada yang mengalami rasa nyeri di sekitar dada, berat seperti tertindih, atau sesak. Selain mengalami sakit dada, biasanya penderitanya juga dapat mengalami sesak nafas, lelah, mual, pusing, serta gelisah saat angina menyerang.

Serangan Jantung
Serangan jantung adalah suatu kondisi medis yang terjadi karena aliran darah ke jantung terhambat sepenuhnya yang disebabkan karena adanya gumpalan darah atau trombosis. Ini merupakan suatu kondisi yang harus segera ditangani karena jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan otot jantung mengalami kerusakan secara permanen.

Mengalami sakit dada yang parah, kesulitan bernapas, merasa lemas, pusing serta panik merupakan beberapa gejala umum yang biasanya dirasakan oleh penderita. Rasa sakit tersebut juga dapat menyebar ke lengan kiri, leher hingga rahat, dan ke punggung.

Indikasi serangan jantung bukan ditentukan dari tingkat keparahan sakit pada dada, melainkan dari kombinasi gejala yang dirasakan. Sehingga perlu anda ingat bahwa tidak semua orang yang terkena serangan jantung mengalami rasa sakit pada dada yang parah.

Jantung Koroner merupakan suatu penyakit jantung yang harus segera ditangani, jika penyakit ini dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang mematikan. Karena kinerja jantung akan menurun jika jantung tidak menerima suplai darah hingga terlalu lemah. Komplikasi penyakit ini dapat terjadi secara bertahap ataupun secara tiba-tiba.

Itulah informasi yang dapat stikesku.com sampaikan mengenai Ciri Ciri atau Gejala Penyakit Jantung Koroner Yang Umum Terjadi. Semoga saja informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat untuk semuanya.

Ciri Ciri atau Gejala Penyakit Jantung Koroner Yang Umum Terjadi

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*