Ciri-Ciri atau Gejala Glaukoma Berdasarkan Jenisnya

Glaukoma merupakan salah satu penyakit mata yang mana menurut WHO atau Badan Kesehatan Dunia, glaukoma merupakan penyebab kebutaan terbesar ke dua setelah katarak. Mengetahui Ciri-Ciri atau Gejala Glaukoma Berdasarkan Jenisnya merupakan salah satu langkah utama yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit ini supaya tidak merenggut mata anda.

Ciri-Ciri atau Gejala Glaukoma Berdasarkan Jenisnya

Glaukoma adalah salah satu penyakit mata yang mana membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan. Penyakit ini disebabkan karena meningkatnya tekanan di dalam mata (tekanan intraokular), baik akibat terhalangnya saluran pembuangan cairan mata, ataupun akibat produksi cairan mata yang berlebihan.

Ketahui Ciri-Ciri atau Gejala Glaukoma Berdasarkan Jenisnya

Glaukoma umumnya terbagi kedalam dua jenis, yang pertama yaitu glaukoma sudut tertutup atau glaukoma akut, dan yang kedua adalah glaukoma sudut terbuat atau glaukoma kronis.

Gejala Glaukoma Sudut Tertutup
Terdapat beberapa gejala yang umumnya sering dirasakan oleh penderita penyakit glaukoma sudut tertutup atau glaukoma akut, beberapa diantarnya yaitu :

  • Merasakan sakit mata dan sakit kepala yang parah
  • Penglihatan menjadi kabur atau samar
  • Mata menjadi kemerahan
  • Seperti melihat bayangan lingkaran pada lampu
  • Pada kondisi cahaya redup, tiba-tiba penglihatan menjadi terganggu
  • Mengalami mual dan muntah

Gejala penyakit glaukoma sudut tertutup dapat berkembang dengan cepat, sehingga diperlukan penanganan medis secepatnya untuk mengurangi tekanan dalam mata.

Gejala Glaukoma Sudut Terbuka
Menurunnya penglihatan tepi pada kedua mata secara perlahan-lahan, sebelum akhirnya menjadi sangat sempit atau tunnel vision merupakan ciri utama penyakit glaukoma sudut terbuka. Berbanding terbaik dengan glaukoma sudut tertutup, penyakit glaukoma sudut terbuka berkembang secara perlahan, sehingga kebanyakan para penderitanya hampir tidak merasakan kerusakan pada mata mereka.

Sebagai informasi tambahan saja, resiko seseorang terserang penyakit glaukoma akan meningkat jika orang tersebut mengalami peradangan dan infeksi parah pada mata, memiliki penyakit yang mendasari seperti diabetes, mengkonsumsi obat-obatan steroid, serta yang telah berusia di atas 40 tahun.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan sepeutar Ciri-Ciri atau Gejala Glaukoma Berdasarkan Jenisnya. Semoga saja informasi yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya.

Ciri-Ciri atau Gejala Glaukoma Berdasarkan Jenisnya

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*