Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, Sensitif dan Normal

Secara umum, jenis kulit bisa dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu : Kulit kering, Berminyak, Sensitif dan Normal. Pada sebagian orang, ada juga yang memiliki beberapa kombinasi jenis kulit pada bagian tubuh yang berbeda. Perbedaan jenis ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Kandungan air yang mana dapat mempengaruhi terhadap elastisitas kulit.
  • Kandungan minyak yang dapat berpengaruh terhadap kehalusan kulit.
  • Tingkan kepekaan kulit berbeda-beda.

Seiring dengan bertambahnya usia, maka jenis kulit anda bisa berubah. Selain itu, perubahan jenis kulit juga dapat disebabkan karena pergantian cuaca, perubahann lingkungan tempat tinggal, atau juga karena pengaruh dari suatu penyakit.

Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, Sensitif dan Normal

Perbedaan jenis kulit ini dapat membuat perawatannya pun berbeda beda pada tiap jenisnya. Bagi anda yang bingung mengenai bagaimana cara merawat jenis kulit anda, berikut ini ada beberapa Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, Sensitif dan Normal yang mungkin dapat membantu anda untuk merawat kulit anda dengan tepat.

Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, Sensitif dan Normal

Cara Merawat Kulit Kering

  • Kulit Kering relatif lebih berisiko untuk terbakar sinar matahari dan menjadi keriput. Maka dari itu, mengoleskan pelembab pada kulit terutama setelah mandi, atau setidaknya sehari dua kali merupakan langkah yang dapat anda lakukan. Pilih pelembab kulit yang berbahan dasar minyak kaya akan kandungan sun protection factor (SPF).
  • Jangan asal dalam memilih pelembab. Coba gunakan pelembab yang kadar moisturizer lebih tinggi serta mengandung propylene glycol, hyaluronic acid, glycerin, lanolin, dimethicone, serta petrolatum yang mampu menjaga kulit tetap lembab.
  • Gunakan sabun yang kandungannya ringan. Produk yang menggunakan alkohol sebagai bahan dasarnya dapat membuat kulit menjadi semakin kering dan mudah iritasi.
    Jangan mencuci kulit wajah atau kulit tubuh terlalu sering, karena dapat membuat minyak alami yang membuat kulit tetap sehat menjadi tersapu. Selain itu, disarankan juga untuk tidak menggunakan air hangat dan lebih baik gunakan air dingin jika akan mandi, hal ini dilakukan untuk mencegah agar kulit tidak menjadi kering.
  • Minum cukup air serta konsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air, seperti semangka, pepaya dll. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar kadar air dalam tubuh bisa tetap terjaga.

Cara Merawat Kulit Berminyak

  • Pilih produk perawatan kulit yang menggunakan air sebagai bahan dasarnya. Hindari produk yang menggunakan minyak atau alkohol sebagai bahan dasarnya.
  • Oleskan moisturizer bebas minyak pada malam hari setelah kulit dibersihkan.
  • Gunakan pembersih kulit yang memiliki kandungan beta hydroxy acid (BHA) didalamnya. Kandungan ini dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan minyak pada pori-pori kulit.

Cara Merawat Kulit Sensitif

  • Jika anda memiliki kulit yang tergolong sensitif, alangkah baiknya untuk menghindari penggunaan pelembab yang beraroma atau yang mengandung parfum untuk mengurangi terjadinya iritasi.
  • Pilih produk yang berbahan dasar alami dan berlabel hypoallergenic. Hindari penggunaan produk yang mengandung AHA dan DHA, karena kulit sensitif cenderung tidak cocok dengan produk yang memiliki kandungan tersebut.
  • Pilih produk yang kandungan bahannya kurang dari 10. Potensi kerusakan akan semakin berkurang dengan semakin sedikitnya bahan yang digunakan.

Cara Merawat Kulit Normal

  • Oleskan pelembab sepanjang hari untuk melindungi kulit. Pilih pelembab yang berbahan dasar air, mengandung moisturizer, yang terasa ringan dan juga yang tidak lengket di kulit.

Itulah beberapa tips yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, Sensitif dan Normal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Cara Merawat Kulit Kering, Berminyak, Sensitif dan Normal

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*