Cara Menghitung Sendiri Masa Subur Wanita Setelah Haid

Salah satu cara utama untuk memiliki keturunan adalah dengan memperkirakan serta menghitung masa subur wanita setelah mensturasi. Maka dari itu, anda perlu memiliki catatan periode haid supaya bisa merencanakan kehamilan dengan baik. Pada artikel kali ini akan dibahas informasi mengenai bagaimana Cara Menghitung Sendiri Masa Subur Wanita Setelah Haid atau mensturasi.

Apa itu siklus mensturasi atau haid ?
Silkus haid adalah jarak antara hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya lagi. Siklus haid atau mensturasi wanita yang normal biasanya sekitar 21-35 hari. Hari pertama pada siklus mensturasi merupakan hari pertama saat terjadi haid.

Kapan masa subur seorang wanita ?
Masa subur wanita umumnya adalah 12-16 hari sebelum masa haid berikutnya. Atau dalam kata lain, masa subur wanita rata-rata di antara hari ke-10 sampai hari ke-17 setelah hari pertama haid sebelumnya.  Hal tersebut berlaku untuk wanita yang memiliki siklus mensturasi teratur 28 hari. Akan tetapi, apabila siklus mensturasi anda berbeda, Anda dapat coba mempelajari serta menghitung masa subur anda sendiri.

Hal paling umum yang menjadi tantangan wanita dalam menghitung masa subur adalah lama masa mensturasi yang dapat berubah dari waktu ke waktu, dan biasanya berlangsung selama 2-7 hari. Kondisi seperti ini bisa membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih lambat atau juga lebih cepat jika dibandingkan dengan periode selanjutnya.

Di sisi lain, kehamilan juga sangat ditentukan oleh proses sperma dalam menjangkau sel telur. Supaya bisa hamil, sel terlur yang sudah matang harus segera dibuahi dalam waktu 12 sampai 24 jam.

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar dapat hamil, sel telur yang telah matang ini harus dibuahi dalam waktu 12 hingga 24 jam.

Cara Menghitung Sendiri Masa Subur Wanita Setelah Haid

Cara Menghitung Sendiri Masa Subur Wanita Setelah Haid

Dengan pendeknya periode sel telur yang harus dibuahi yang mana sekitar 12-24 jam, maka dari itu sangat penting sekali bagi seorang wanita untuk mengetahui hari-hari dimana wanita tersebut berada dalam posisi paling subur. Masa subur seorang wanita umumnya dihitung berdasarkan dengan catatan serta analisis siklus mensturasi selama setidaknya 8 bulan terkahir.

Masa subur seorang wanita dapat diperkirakan dan dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini :

  • Mengetahui siklus terpendek anda. Contohnya: 27 hari. Coba kurangi anka tersebut dengan 18 hari. Hasilnya: 9. Angka tersebut merupakan hari pertama dimana anda berada dalam posisi yang sangat subur.
  • Mengetahui siklus terpanjang anda. Contohnya: 30 hari. Coba kurangi angka tersebut dengan angka 11. Maka hasilnya: 19. Angka tersebut merupakan hari terakhir dimana anda dalam masa yang sangat subur.

Dengan kata lain, apabila siklus mensturasi anda rata-rata adalah 27-30 hari, maka waktu paling subur anda berada pada hari ke-9 hingga 19.

Untuk memperkuat dalam memprediksi hari paling subur, Anda bisa menggunakan beberapa indikator lain seperti:

  • Suhu basal tubuh meningkat
  • Adanya lendir dari mulut rahim
  • Nyeri ringan hingga berat pada perut atau salah satu bagian punggung
  • Perasaan lebih bergairah

Dengan anda memperkirakan serta menghitung masa subur setelah mensturasi, maka anda akan merasa lebih mudah dan terbantu dalam merencanakan kehamilan serata mengevaluasi kesehatan reproduksi anda.

Terimakasih telah membaca informasi mengenai Cara Menghitung Sendiri Masa Subur Wanita Setelah Haid yang telah kami sampaikan ini. Semoga saja informasi yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Cara Menghitung Sendiri Masa Subur Wanita Setelah Haid

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*