Cara Mengatasi Sakit saat Haid

Setiap wanita pastinya ingin terhindar dari rasa sakit saat datang bulan atau haid. Pada artikel kali ini, saya akan membahas informasi mengenai Cara Mengatasi Sakit saat Haid, Mensturasi atau Datang Bulan Secara Alami serta sangat mudah untuk dilakukan. Semoga saja informasi yang akan disampaikan ini dapat bermanfaat.

Cara Mengatasi Sakit saat Haid, Mensturasi atau Datang Bulan

Tidak sedikit wanita yang mengalami rasa sakit, nyeri ataupun keram pada bagian perut disaat mereka mengalami haid, mensturasi atau datang bulan. Terkadang rasa sakit tersebut juga dapat menyebar hingga ke paha atau punggung. Umumnya rasa nyeri haid tersebut dirasakan ketika hari pertama datang bulan dan berakhir setelah 2 atau 3 hari kemudian.

Sebagian besar nyeri haid terjadi ketika pembuluh darah yang berada di dekat rahim tertekan yang disebabkan karena dinding otot rahim bergerak. Hal ini membuat terpotongnya pasoka oksigen ke rahim. Tanpa oksigen, tubuh akan memproduksi prostaglandin dan mengeluarkan zat kimia pemicu rasa sakit. Prostaglandin ini membuat otot-otot rahim terus berkontraksi sehingga meningkatkan rasa sakit.

Selain itu, rasa sakit saat mensturasi juga dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti, radang panggul, adenomiosis, endometriosis, atau fibroid. Terkadang, nyeri haid ada juga yang disebabkan oleh alat kontrasepsi, terutama pada bulan-bulan pertama pemakaian.

Cara Mengatasi Sakit saat Haid, Mensturasi atau Datang Bulan

Terdapat beberapa cara alami yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa sakit perut saat mensturasi atau datang bulan, beberapa diantaranya yaitu :

Pijat
Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan atau mensturasi adalah dengan cara memijat secara perlahan perut bagian bawah. Anda juga dapat berbaring miring dengan kaki menekuk lutut atau berbaring terlentang sambil menaikan kaki untuk mengatasi rasa nyeri saat haid.

Olahraga
Hampir setiap wanita yang mengalami rasa nyeri saat mensturasi enggan untuk beranjak dari tempat tidur. Namun ternyata, bergerak serta berolahraga ternyata dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit saat mensturasi. Hal ini disebabkan karena ketika berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri serta meningkatkan mood. Jalan kaki, joging, yoga atau bersepeda merupakan beberapa olahraga ringan yang dapat anda praktekan.

Air hangat
Selain dapat membantu mencegah rasa nyeri, begah, atau kembung, meminum air hangat juga dapat membuat aliran darah ke kulit menjadi meningkat dan melemaskan otot yang kram. Selain di minum, anda juga dapat memasukan air hangat ke dalam botol minum dan meletakannya ke bagian perut yang terasa sakit, atau anda juga dapat mandi dengan menggunakan air hangat untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Teh herbal
Meminum teh herbal seperti mint, blackberry, chamoile dan juga raspberry diyakini mampu membantu melemaskan otot-otot yang tegang, dan juga menghilangkan rasa cemas.

Mengkonsumsi makanan bergizi
Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa mengkonsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan kandungan vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B-6, asam lemak omega-3, magnesium dan juga kalium diduga dapat mengurangi rasa sakit dan kram secara efektif saat mensturasi.

Aromaterapi
Sejumlah penelitian menunjukan bahwa rasa kram saat haid atau datang bulan dapat diredakan secara signifikan dengan cara menggosokan minyak aromaterapi (mawar, sage, lavender) ke daerah yang sakit.

Anda dapat mencoba melakukan beberapa Cara Mengatasi Sakit saat Haid, Mensturasi atau Datang Bulan seperti di atas untuk meredakan rasa sakit yang sedang diderita. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk menghindari merokok dan juga minuman beralkohol karena dapat menyebabkan rasa sakit tersebut menjadi lebih parah lagi.

Cara Mengatasi Sakit saat Haid, Mensturasi atau Datang Bulan

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*