Buah dan Sayur yang Baik untuk Penderita Penyakit Jantung

Menjaga pola hidup sehat merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar jantung anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung. Salah satunya yaitu dengan cara memulai kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayuran yang baik untuk jantung.

Buah dan Sayur untuk Kesehatan Jantung

Senyawa fitnoutrien yang terdapat dalam buah dan sayur merupakan salah satu senyawa yang dapat bermanfaat untuk menyehatkan jantung serta membantunya bekerja dengan kuat. Berikut adalah beberapa Buah dan Sayur yang Baik untuk Penderita Penyakit Jantung yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda atau keluarga anda yang sedang mengidap penyakit jantung.

Buah dan Sayur yang Baik untuk Penderita Penyakit Jantung

Apel
Apel  Menurut satu penelitian, apel memiliki kandungan yang sangat efektif untuk membantu mengatur gula darah dalam tubuh serta mengurangi kolesterol jahat. Mengkonsumsi satu hingga dua apel setiap harinya memungkinkan dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Selain senyawa fitonutrien, dalam apel juga terkandung senyawa Pektin Quercetin dan yang mana kedua senyawa ini juga memiliki manfaat bagus untuk kesehatan jantung. Selain bagus untuk kesehatan jantung, senyawa pektin juga merupakan serat larut yang mana dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat gula darah. Sedangkan senyawa Quercetin memiliki khasiat yang mana mampu mencegah peradangan dan asma, serta diduga mampu mencegah penyakit kanker.

Anggur
Anggur Buah anggur merupakan salah satu buah yang diyakini bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi dan penyakit jantung, hal ini dikarenakan pada buah anggur terkandung serat serta senyawa quercetin. Senyawa ini diyakini mampu mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

.

Buah Beri
Buah Beri Beragam buah beri seperti strobery, blubery, blackberry serta rasbery bisa dijadikan sebagai cemilan sehat. Pada beragam buah beri ini diyakini kaya akan serta dan antioxidan yang mana diyakini bagus untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung.

.

Pisang.
Pisang Pisang diyakini mengandung kalium yang mana sangat bagus untuk membantu menjaga fungsi jantung dan natrium serta air didalam tubuh. Kalium sangat berkontribusi untuk tekanan darah yang sehat karena dapat membantu ginjal mengekskresikan natrium berlebih. Natirum merupakan mineral yang sangat penting untuk orang yang sedang memakai obat diuretik untuk penyakit jantung.

Delima Merah
Delima Merah Menurut hasil penelitian para ahli menunjukan bahwa pada delima merah terdapat senyawa antosianin yang bagus untuk membantu menurunkan dan menormalkan tekanan darah serta mengurangi penumpukan plak di arteri. Pada tahun 2008 seorang peneliti melakukan studi yang mana mendapatkan hasil bahwa pada buah delima merah mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik jika dibandingkan dengan minuman kaya antioksidan lainnya termasuk jus blueberry, cranberry dan anggur merah.

Kubis
Kubis Selain memiliki kandungan fitonutrien yang mana bagus untuk menjaga kesehatan jantung, kubis juga sangat kaya akan kandungan potasium, kalsium, zat besi, vitamin A, Vitamin C dan juga Vitamin K. Maka dari itu, tidak ada salahnya anda menambahkan kubis kedalam menu sayuran anda.

.

.

Tomat
Tomat Dalam tomat terdapat kandungan kalium, serat, kolin serta vitamin C yang mana memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan jantung. Risiko terserang penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) dan stroke akan mengurang jika kita menambahkan asupan kalium dan mengurangi natrium. Sehingga kandungan kalium dalam tomat ini diyakini bagus untuk menjaga agar jantung tetap sehat.

Bawang Putih
Bawang Putih Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa pada minyak bawang putih terdapat senyawa alami yang bernama Diallyl trisulfida yang mana diyakini mampu membantu melindungi jantung dari kerusakan setelah serangan jantung serta diyakini bagus untuk pengobatan gagal jantung.

.

Wortel
Wortel Wortel mengandung karotenoid yang mana bagus untuk membantu menurunkan dan menormalkan tekanan darah serta melindungi sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan peredaran darah. Dari sejumlah studi diketahui bahwa meminum segelas jus wortel segar setiap harinya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aktivitas antioksidan yang memproteksi jantung.

Selain membatasi asupan garam tidak lebih dari 5-6 gram per hari dan juga mengkonsumsi buah dan sayuran yang bagus untuk kesehatan jantung, berolahraga secara teratur dan menghindari merokok juga perlu untuk dilakukan supaya jantung senantiasa sehat sehingga kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Buah dan Sayur yang Baik untuk Penderita Penyakit Jantung

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*