Berbagai Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan

Pernapasan merupakan salah satu anugerah yang sangat penting namun jarang sekali untuk diperhitungkan. Pernapasan atau juga disebut dengan respirasi merupakan suatuh hal yang harus kita lakukan setiap waktu untuk bisa tetap hidup.

Berbagai Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan

Mengetahui organ-organ yang termasuk dalam sistem pernapasan dan Berbagai Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan merupakan suatu hal yang penting dan perlu untuk kita pelajari.

Meski bernapas merupakan suatu kegiatan yang jarang kita sadari, sesungguhnya terdapat banyak organ tubuh yang terlibat saat kita bernapas. Beberapa bagian organ tubuh yang termasuk kedalam sistem pernapasan diantaranya yaitu :

  • Rongga hidung
  • Sinus
  • Faring
  • Laring (pangkal tenggorokan)
  • Trakea
  • Bronkus
  • Paru-paru
  • Diafragma

Jika salah satu organ pendukung tersebut mendapat masalah, maka secara otomatis sistem pernapasan atau respirasi akan terganggu. Dikarenakan terdapat banyak organ yang terlibat dalam sistem respirasi maka membuat sistem pernapasan juga memiliki banyak gangguan.

Berikut Berbagai Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan atau Respirasi Yang Umum Terjadi :

Flu (influenza)
Influenza merupakan salah satu penyakit pada sistem pernapasan yang sangat sering terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Melakukan kontak langsung ke cairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin merupakan salah satu cara penularan penyakit ini.

Laringitis
Laringitis adalah penyakit sistem pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya peradangan pada laring tersebut. Umumnya orang yang mengalami kondisi ini akan merasakan berbagai gejala seperti sulit bicara, suara yang serak atau bahkan kehilangan suara, tenggorokan terasa nyeri, sering mengalami batuk-batuk dan juga demam.

Faringitis
Faringitis adalah sebuah kondisi medis yang terjadi karena faring (bagian ini terletak dibagia belakang dari tenggorokan) mengalami peradangan atau inflamasi. Orang yang memiliki kondisi ini biasanya akan merasakan nyeri sewaktu menelan. Kondisi inilah yang seringkali terjadi dan seringkali menunjukan gejala sakit tenggorokan. Adanya infeksi akibat bakteri atau virus merupakan penyebab umum yang menyebabkan terjadinya penyakit ini.

Asma
Asma merupakan salah satu penyakit pada sistem pernapasan yang biasanya menyebabkan penderitanya mengalami sesak atau sulit bernafas yang dikarenakan terjadinya peradangan dan penyempitan pada saluran napas. Mengi, batuk-batuk dan nyeri dada juga merupakan gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita asma.

Bronkitis
Bronkitis adalah suatu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada bronkus yang menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada bronkus. Bronkus adalah saluran udara pada sistem pernapasan yang membawa udara ke paru-paru dan sebaliknya.

Mengalami batuk-batuk disertai lendir berwarna kuning keabu-abuan atau hijau, sakit pada tenggorokan, sesak napas, hidung beringus atau tersumbat, sakit atau rasa tidak nyaman pada dada serta kelelahan merupakan gejala yang biasanya dirasakan oleh seseorang yang menderita penyakit bronkitis.

Emfisema
Emfisema adalah penyakit progresif jangka panjang pada paru-paru yang menyerang kantung udara alias alveoli. Mengalami sesak nafas atau nafas pendek adalah salah satu gejala umum yang biasanya dirasakan penderita penyakit ini. Penyakit ini juga digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Pneumonia
Pneumonia atau yang biasa disebut dengan penyakit radang paru-paru adalah suatu penyakit yang tejadi karena paru-paru mengalami peradangan yang diakibatkan oleh infeksi. Biasanya seseorang yang menderita penyakit ini akan merasakan gejala seperti demam, sulit bernapas, batuk berdahak, terkadang dahaknya dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.

Selain berbagai macam jenis penyakit yang di atas, terdapat berbagai penyakit lainnya yang dapat menyerang sistem pernapasan. Hal ini dikarenakan terdapat banyak organ yang terlibat dalam sistem pernapasan. Sehingga kita harus pandai pandai menjaga diri agar kita dapat sistem pernapasan kita dapat bekerja dengan baik.

Berbagai Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*