Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Jantung

Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Jantung adalah organ tubuh yang terdiri dari kumpulan otot yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Organ berukuran sebesar kepalan tangan ini berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Secara rata-rata, jantung manusia berdenyut 72 kali per menit dalam status beristirahat dan memompa 4 hingga 7 liter darah pada tiap menitnya.

Tapi apakah anda tau, bahwa banyak berbagai macam jenis penyakit yang dapat membuat organ jantung tidak berfungsi dengan semestinya. Pada artikel kali ini, stikesku.com akan berbagi informasi mengenai Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Jantung yang Umum Terjadi, mudah-mudahan informasi yang akan saya sampaikan iniĀ  dapat bermanfaat.

Berikut Adalah Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Jantung yang Umum Terjadi

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Jantung

1. Jantung Koroner
Jantung koroner adalah salah satu penyakit jantung yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, yang mana sekitar 35% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit ini. Sedangkan untuk di Asia tenggara sendiri, pada tahun 2014 saja kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung mencapai 1,8 juta ( Menurut Federasi Jantung Dunia ).

2. Gagal Jantung
Gagal jantung merupakan suatu kondisi ketika otot jantung menjadi lemah dan membuat fungsi jantung menjadi menurun sehingga tidak dapat memompa cukup darah ke seluruh tubuh pada tekanan yang tepat.

3. Bradikardia
Bradikardia adalah kondisi di mana jantung penderita berdetak lebih lambat dari kondisi normal. Umumnya, detak jantung normal pada orang dewasa saat beristirahat adalah 60 sampai 100 kali per menit. Sedangkan jantung penderita bradikardia berdetak di bawah 60 kali per menit.

4. Angina
Angina atau yang juga biasa disebut dengan angin duduk merupakan suatu kondisi ketika penderitanya mengalami rasa nyeri pada dadanya yanng diakibatkan karena kurangnya pasokan darah pada otot-otot jantung. Adanya penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah merupakan kondisi yang menyebabkan terganggunya pasokan darah pada otot-otot jantung. Angina atau angin duduk dapat terjadi pada siapa saja dengan cara tiba tiba.

5. Takikardia
Takikardia merupakann suatu kondisi dimana detak jantung penderita di atas normal dalam kondisi beristirahat. Saat istirahat, detak jantung pada penderita takikardia paling sedikit 100 kali per menit, sedangkan detak jantung orang dewasa sehat sekitar 60 sampai 100 kali per menit.

Kinerja jantung penderita takikardia biasanya tidak dapat memompa secara efektif, yang akhirnya membuat aliran darah ke seluruh tubuh maupun ke dalam jantung menjadi berkurang.

6. Penyakit Katup Jantung
Penyakit katup jantung adalah gangguan atau penyakit pada katup jantung, yaitu jaringan penutup yang mengatur aliran darah ke dan dari ruang jantung.

Pasien dengan penyakit katup jantung memiliki malfungsi satu atau lebih katup jantung. Ada beberapa tipe penyakit katup jantung dengan gejala dan pilihan pengobatan berbeda.

Masalah dengan katup jantung mungkin terjadi sebagai akibat infeksi (paling umum infeksi endokarditis dan demam reumtik), degenerasi, atau tidak normal keturunan.

7. Kardiomegali
Kardiomegali atau Pembesaran jantung adalah suatu kelainan struktur anatomis jantung, dimana ukuran jantung lebih besar dari ukuran normal. Terdapat 4 ruang pada jantung, diantaranya ruang jantung bawah (ventrikel kiri, ventrikel kanan) dan ruang jantung atas (atrium kiri, atrium kanan).

Terdapat 2 jenis kardiomegali, yaitu kardiomegali karena otot-otot jantung yang membesar/menebal (kardiomegali hipertrofi) dan kardiomegali karena ruang jantung yang melebar (kardiomegali dilatasi). Keduanya merupakan proses adaptasi jantung dalam menghadapi perubahan kondisi jantung atau adanya peningkatan beban kerja jantung.

8. Miokarditis
Miokarditis adalah kondisi di mana lapisan dinding jantung bagian tengah (miokardium) mengalami peradangan atau inflamasi. Miokarditis bisa memengaruhi sel otot jantung dan sistem kelistrikan jantung. Akhirnya akan mengganggu kinerja jantung dalam memompa darah, serta detak jantung menjadi tidak beraturan.

Terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan supaya jantung tetap sehat dan dapat bekerja dengan semestinya, beberapa diantaranya yaitu senantiasa mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, mengurangi minuman alkohol, menghindari narkoba dan, tidak merokok.

Itulah informasi mengenai Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Jantung yang Umum Terjadi. Semoga saja informasi yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya.

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Jantung

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*