Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Hati

Selamat datang di stikesku.com yang merupakan salah satu situs terbaik yang selalu berbagi informasi seputar kesehatan. Pada artikel kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Hati yang mungkin sangat perlu untuk anda ketahui.

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Hati

Hati atau liver adalah kelenjar terbesar yang terdapat di dalam tubuh. Rata-rata ukuran hati pada orang dewasa adalah 1,4 kilogram. Hati menerima sekitar 1,4 liter darah per menit dari vena portal dan arteri hepatika. Berdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat ekskresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Hati atau liver memiliki warna merah kecokelatan yang terletak terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma.

Hati memiliki fungsi yang sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh, beberapa diantaranya yaitu :

  • Menghancurkan sel darah merah yang sudah tua
  • Membersihkan darah
  • Menguraikan hemoglobin
  • Mengubah amonia
  • Menyimpan energi
  • Menyimpan asam folat, zat besi, dan beberapa vitamin
  • Memproduksi kolesterol dan trigliserida
  • Memproduksi albumin
  • Memproduksi protein
  • Memproduksi cairan empedu

Terdapat berbagai kondisi kesehatan yang dapat menurunkan fungsi hati, yang mana dapat menyebabkan hati tidak dapat bekerja dengan semestinya.

Berikut Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Hati :

Kanker Hati
Kanker Hati adalah suatu kondisi dimana pada organ hati terdapat sel kanker. Kanker hati terbagi menjadi dua jenis, yaitu Kanker hati dan kanker hati sekunder.

Kanker hati primer adalah kanker yang berawal di organ hati dan termasuk jenis kanker yang berpotensi fatal. Sedangkan kanker hati sekunder adalah kanker yang bermula di bagian tubuh lain, seperti usus, sebelum menyebar ke hati.

Hepatitis
Hepatitis (plural: hepatitides) adalah peradangan pada hati karena toxin, seperti kimia atau obat ataupun agen penyebab infeksi. Hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut “hepatitis akut”, hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut “hepatitis kronis”.

Sirosis
Menurut situs alodokter.com, sirosis adalah Sirosis adalah kerusakan hati jangka panjang atau kronis yang menyebabkan luka pada hati.

Penyakit ini berkembang secara perlahan yang mengakibatkan jaringan sehat diganti oleh jaringan rusak. Dan pada akhirnya, hati tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Jaringan yang rusak akan menghambat aliran darah yang melewati hati. Produksi protein dan unsur lain yang terjadi di dalam hati juga akan terhambat.

Hepatomegali
Hepatomegali atau juga sering disebut dengan pembesaran hati adalah suatu kondisi ketika organ hati mengalami pembengkakan dan melebihi ukuran normal.

Hepatomegali bukan merupakan suatu penyakit melainkan menjadi tanda dari berbagai macam penyakit yang akan timbul, misalnya penyakit hati, gagal jantung kongestif, atau kanker sekalipun.

Walaupun hepatomegali bukan merupakan suatu penyakit, bukan berarti tidak perlu diobati. Apabila hal ini tidak segera ditangani, sebagian besar dari organ hati dapat rusak dan terkadang akan menyebabkan timbulnya penyakit gagal hati.

Fatty Liver
Fatty Liver atau perlemakan hati adalah suatu kondisi dimana pada hati terdapat timbunan lemak yang berlebih. Sebenarnya kondisi ini tidak teralu berbahaya, akan tetapi apabila kondisi tesebut terjadi terus menerus dan tidak segera di obati, maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada hati dan juga sirosis.

Jika anda mengalami beberapa kondisi seperti di atas, alangkah baiknya untuk segera melakukan pengobatan supaya fungsi hati dapat bekerja dengan semestinya dan kondisi tubuh menjadi lebih sehat.

Semoga saja dengan adanya informasi mengenai Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Hati yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya.

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Hati

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*