Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Ginjal

Ginjal merupakan dua buah organ dalam tubuh yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya dibawah tulang rusuk manusia. Ginjal memiliki ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa dan bentuknya menyerupai kacang merah.

Walaupun ukuran ginjal tidak terlalu besar, akan tetapi ginjal memiliki fungsi yang sangat penting, beberapa diantaranya yaitu menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah, menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh serta masih banyak yang lainnya lagi.

Seperti halnya dengan organ tubuh yang lainnya, ginjal juga dapat mengalami gangguan dan rusak yang akhirnya dapat menyebabkan menurunnya fungsi ginjal. Pada artikel kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Ginjal yang dapat menurunkan fungsi ginjal.

Berikut Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Ginjal Yang Dapat Menyebabkan Menurunnya Fungsi Ginjal

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Ginjal

Batu Ginjal
Batu ginjal adalah suatu kondisi medis dimana dalam ginjal terdapat material keras yang menyerupai batu. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Nyeri pada pinggang, perut bagian bawah, dan selangkangan merupakan beberapa gejala yang biasanya dirasakan pada orang yang menderita penyakit ginjal. Selain rasa nyeri tersebut, orang yang menderita penyakit batu ginjal biasanya juga mengalami gejala berupa muntah, menggigil dan demam.

Gagal Ginjal
Gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana ginjal mengalami kerusakan yang dikarenakan oleh berbagai sebab sehingga ginjal tidak dapat bekerja dengan semestinya. Gagal ginjal terbagi menjadi 2, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Gagal ginjal akut merupakan istilah untuk kondisi di mana ginjal seseorang mengalami kerusakan secara mendadak, sehingga tidak bisa berfungsi. Sedangkan gagal ginjal kronis adalah kondisi saat fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap hingga mencapai tahap atau stadium akhir. Kondisi ini bersifat permanen.

Infeksi Ginjal
Infeksi ginjal adalah suatu penyakit yang mana penderitanya biasanya merasakan sakit yang tidak nyaman yang disebabkan arena berpindahnya bakteri dari kandung kemih menuju ginjal, baik salah satu ginjal atau kedua duanya.

Infeksi ginjal merupakan penyakit  yang dapat terjadi pada siapa saja, baik pria ataupun wanita. Akan tetapi infeksi ginjal lebih umum terjadi pada wanita karena uretra pada wanita lebih pendek dibandingkan milik pria. Kondisi inilah yang membuat bakteri lebih mudah untuk masuk ke dalam ginjal.

Kanker Ginjal
Kanker ginjal adalah suatu jenis kanker yang menyerang ginjal. Sebagian besar penyakit kanker ginjal diderita oleh orang-orang yang telah berusia 50 tahun ke atas. Berubahnya warna urine menjadi kemerahan atau kecokelatan karena telah bercampur dengan darah merupakan salah satu gejala penyakit gagal ginjal. Selain itu, pengidap penyakit ini juga akan mengalami penurunan berat badan, kekurangan darah atau anemia, badan terasa lelah, nafsu makan berkurang serta masih banyak yang lainnya lagi.

Glomerulonefritis
Glomerulonefritis merupakan penyakit ginjal yang dikarenakan glomeruli mengalami kerusakan yang menyebabkan terbuangnya darah serta protein melalui urine. Glomeruli adalah penyaring kecil di dalam ginjal yang berfungsi membuang cairan berlebih, elektrolit, dan sampah dari aliran darah.

Sindrom Nefrotik
Sindrom nefrotik adalah gangguan ginjal yang menyebabkan tubuh manusia kehilangan terlalu banyak protein di dalam urine. Sindrom nefrotik ini dapat dialami oleh siapa saja danumumnya terdeteksi pertama kali pada anak-anak, terutama yang berusia di antara 2-5 tahun.

Anuria
Anuria adalah penyakit yang ditandai dengan gagalnya ginjal dalam memproduksi urine. Penyebab anuria adalah kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi darah atau terdapat peradangan di glomerulus. Batu ginjal atau tumor juga dapat menyebabkan anuria. Kurangnya tekanan menyebabkan darah tidak dapat masuk ke glomerulus sehingga proses filtrasi (penyaringan darah) tidak terjadi. Ciri-ciri anuria adalah produksi urin kurang dari 100 mililiter per hari.

Hematuria
Hematuria adalah kondisi adanya darah di dalam urine. Urine akan berubah warna menjadi kemerahan atau sedikit kecokelatan. Urine yang normal tidak mengandung darah sedikitpun kecuali pada wanita yang sedang menstruasi. Penyakit ini dapat disebabkan karena adanya peradangan pada organ ginjal yang timbul akibat terjadi gesekan dengan batu ginjal.

Kista Ginjal
Kista ginjal adalah kantong yang biasanya berbentuk bulat atau oval dan berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Kondisi ini mungkin terkait dengan kelainan serius yang bisa mengganggu fungsi ginjal di dalam tubuh.

Itulah informasi mengenai Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Ginjal yang dapat saya sampaikan. Semoga saja informasi yang telah disampaikan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda seputar penyakit ginjal.

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Ginjal

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*