Bahan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Produk Pemutih Kulit

Anda sering menggunakan cream pemutih kulit ? Coba untuk selalu membaca label yang terdapat dalam cream pemutih yang anda gunakan tersebut, untuk mengetahui apakah kandungan yang terdapat dalam cream pemutih kulit tersebut aman atau tidak.

Bahan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Produk Pemutih Kulit

Apa saja kandungan berbahaya yang terdapat dalam cream pemutih ? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang ingin anda ketahui jawabannya. Pada artikel kali ini stikesku.com akan berbagi informasi seputar Bahan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Produk Pemutih Kulit yang mana dapat menggangu kesehatan jika digunakan dalam kadar yang tinggi dan jangka waktu yang lama.

Bahan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Produk Pemutih Kulit

Kebanyakan orang mengasosiasikan kulit putih dengan konsep cantik dan bahagia. Hal ini menjadikan banyak para wanita yang ingin kulit nya terlihat putih dengan menggunakan berbagai cara. Padahal, banyak produk pemutih yang beredar dipasaran mengandung berbagai bahan yang mana dapat berpotensi membahayakan bagi kesehatan.

Berbagai bahan yang terkandung dalam berbagai produk pemutih kulit memiliki fungsi untuk membuat kulit terlihat cerah dengan cara melawan proses produksi melanin alami sehingga dapat membuat kadar melanin pada kulit menjadi berkurang. Sehingga dengan berkurangnya kadar melanin yang terdapat dalam kulit dapat membuat kulit menjadi terlihat putih.

Setiap bahan baik itu bahan pemutih kulit atau bahan lainnya pastinya mengandung manfaat serta efek samping. Terdapat beberapa bahan yang mana termasuk dalam kategori berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai dampak buruk walaupun dalam keadaan terbatas sekalipun. Sementaran, terdapat juga beberapa bahan yang dapat ditoleransi, yang mana sisi manfaatnya lebih mendominasi dibandingkan dengan sisi efek sampingnya.

Seperti apa yang telah dijelaskan tadi di atas, bahwa setiap produk pemutih kulit bertujuan untuk mengurangi produksi melanin alami. Dengan berkurangnya produksi melanin alami dalam kulit dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar mata hari. Jika anda menggunakan produk pemutih dalam jangka panjang, ada kemungkinan resiko anda akan mengalami penuaan dan kanker kulit menjadi lebih besar. Karena ketika kadar melanin alami dalam kulit berkurang, maka dampak sinar ultraviolet terhadap kulit menjadi semakin meningkat dan dapat mempercepat terjadinya keriput serta berpotensi memicu kanker kulit.

Berikut Beberapa Bahan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Produk Pemutih Kulit :

Merkuri (air raksa)
Merkuri atau air raksa merupakan bahan aktif yang mana dapat berdampak dalam pengelupasan epidermis kulit. Jika digunakan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan penggunaannya mengalami Kerusakan pada sistem saraf, fungsi ginjal menjadi menurun serta gangguan psikologis. Jika anda seorang ibu hamil, maka bisa menyebabkan kelainan fungsi otak pada janin yang sedang anda kandung.

Hidrokinon
Hidrokinon merupakan salah satu bahan kimia yang mana biasanya terdapat dalam produk pemutih kulit. Hidrokinon adalah bahan kimia yang mana biasa digunakan untuk proses cuci cetak foto serta dapat berguna sebagai zat penstabil dalam minyak, pernis, cat, dan juga bahan bakar kendaraan.

Pada tahun 2008, BPOM mengeluarkan peraturan tentang bahan kosmetik, yang mana salah satu dari isinya yaitu tentang larangan penggunaan kandungan hidrokinon dalam produk pemutih.

Jika anda menggunakan produk pemutih yang mengandung Hidrokinon, alangkah baiknya untuk tidak menggunakannya lagi. Karena jika produk ini digunakan dalam kadar tinggi atau dalam jangka yang panjang, dapat menyebabkan meningkatnya resiko mengalami Hiperpigmentasi, Vitiligo, serta Okronosis eksogen.

Steroid
Steroid atau terkadang juga disebut dengan corticosteroid adalah bahan yang mana biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan, contohnya seperti pada kulit yang gatal-gatal serta memerah. Jika bahan ini digunakan dalam kadar yang tinggi atau dalam jangka panjang, maka bisa menyebabkan meningkatnya resiko seseorang terkena katarak dan mengalami pelemahan tulang.

Khususnya untuk kulit, efek samping yang dapat terjadi dari pemakaian steriod secara berlebihan yaitu dapat menyebabkan lapisan pada kulit menjadi semakin menipis. Sehingga apabila anda mengalami penipisan kulit, maka dapat membuat anda menjadi lebih mudah tergeros atau terluka.

Selain itu, produk pemutih kulit yang mengandung steroid dan dioleskan pada kulit dapat terserap oleh tubuh dan masuk ke dalam pembuluh darah dan dapat menyebabkan berbagai efek samping lainnya seperti Telangiektasis, lapisan kulit menjadi tipis, mudah tumbuh jerawat, serta dapat memperlambat dalam penyembuhan luka.

Rhododenol
Rhododenol merupakan bahan kimia alami dari kulit pohon birch putih yang mana dapat membuat berukrangnya produksi melanin alami dalam kulit. Di Indonesia sendiri, pada bulan juli tahun 2013 lalu, pemerintah melakukan penarikan pada produk pemutih yang mengandung Rhododenol yang beredar dipasaran. Penarikan tersebut dilatarbelakangi karena adanya beberapa laporan dari para konsumen yang mengalami keluhan seperti depigmentasi atau adanya bercak-bercak putih pada kulit.

Kombinasi hidrokinon, kortikosteroid, dan retinoic acid
Umumnya bahan Kortikosteroid dan retinoic acid digunakan untuk pengobatan beragai masalah pada kulit, salah satunya yaitu hiperpigmentasi atau adanya bercak-bercak hitam pada kulit. Akan tetapi apabila kedua bahan tersebut dicampur dengan hidrokin, maka dapat membuat produk yang mengkombinasikan ke tiga bahan tersebut dianggap berbahaya atau tidak aman.

Jika produk yang menggunakan ketiga bahan tersebut digunakan dalam jangka panjang serta dengan kadar yang berlebihan, maka dapat membuat penggunanya mengalami penipisan kulit dan dapat menyebabkan kulit berubah warna menjadi merah muda.

Jika anda sedang menggunakan produk pemutih kulit yang mengandung beberapa bahan seperti di atas, alangkah baiknya untuk berkonsultasi ke dokter, untuk memastikan apakah produk tersebut dapat terus digunakan, atau perlu untuk menghentikan penggunaannya.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai Mencermati Bahan dan Cara Kerja Produk Pemutih Kulit. Semoga saja artikel yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*