6 Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Banjir

Ketika sedang banjir dan setelah banjir itu surut, biasanya dibarengi dengan daya tahan tubuh kita yang menurun serta dibarengi dengan lingkungan yang kotor, sehingga dapat menyebabkan seseorang mudah tertular penyakit pasca banjir. Selain terjadinya genangan air, biasanya banjir juga membawa berbagai sampah bahkan bangkai binatang yang dapat berisiko tinggi menyebarkan berbagai macam jenis penyakit terhadap manusia.

6 Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Banjir

6 Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Banjir

Sebenarnya banyak berbagai macam jenis penyakit yang dapat muncul pasca banjir, akan tetapi pada artikel kali ini saya hanya akan berbagi informasi seputar 6 Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Banjir yang pastinya perlu untuk kamu ketahui.

Penyakit pencernaan
Ketika suatu wilayah terkena banjir, maka hampir semua sumber air bersih menjadi tercemar, sehingga menyebabkan terbatasnya ketersediaan air bersih. Diare, disentri, muntaber, kolera, serta tifus merupakan beberapa macam penyakit pencernaan yang dapat terjadi karena mengkonsumsi air yang tercemar.

Infeksi kulit
Infeksi kulit merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pasca banjir. Biasanya seseorang yang terserang infeksi kulit akan merasakan gatal-gatal, timbul bintil seperti jerawat, serta kulit menjadi terasa terbakar. Biasanya infeksi kulit disebabkan oleh bakteri pseudomonas yang menginfeksi manusia melalui parasit pada hewan.

Demam berdarah
Setelah banjir, umumnya penyakit demam berdarah sering mengintai kita. Hal ini terjadi disebabkan karena banyaknya genangan air yang berpotensi tinggi menjadi tempat untuk berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah, yaitu nyamuk aedes aegypti.

Penyakit leptospirosis
Leptospirosis merupakan penyakit yang sangat jarang kita dengan. Penyakit ini dapat terjadi ketika tinja atau urin hewan bercampur dengan air banjir yang menyebabkan tersebarnya bakteri leptosira penyabab penyakit ini.

Untuk di daerah Indonesia sendiri, umumnya bakteri ini dibawa oleh air kencing atau kotoran tikus yang terbawa oleh banjir, lalu masuk kedalam tubuh melalui selaput lendir hidung, mata atau melalui permukaan kulit yang terluka. Selain itu, makanan serta minuman yang sudah terkontaminasi urin tikus yang terinfeksi juga dapat menyebabkan bakteri ini masuk ke tubuh seseorang.

Leptospirosis merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya, hal ini disebabkan karena bakteri yang sudah menjangkiti darah dapat menyebar, sehingga menyebabkan kerusakan organ tubuh, salah satunya yaitu menyebabkan terjadinya peradangan pada hati dan ginjal.

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) juga merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pasca banjir. Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau mikroba. Biasanya penyakit ISPA disertai dengan berbagai gejala umum seperti batuk dan demama. Selain itu, terdapat juga beberapa gejala lainnya seperti, dada terasa nyeri serta napas menjadi terasa sesak.

Hepatitis A
Hepatitis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat muncul pasca banjir. Biasanya seseorang yang mengidap penyakit hepatitis ini akan mengalami beberapa gejala umum seperti mual, muntah, lemas, demam, serta mata menjadi tampak kuning.

Itulah 6 Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Banjir yang perlu untuk anda waspadai. Semoga saja artikel yang telah ditulis ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

6 Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Banjir

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*