6 Macam Jenis Kawat Gigi

Selain dapat membuat penampilan menjadi lebih baik lagi, pemasangan kawat gigi atau behel juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kawat gigi atau behel merupakan suatu langkah umum yang banyak dilakukan oleh orang saat ini untuk mengatasi jaringan gigi yang tidak rata atau rahang terlalu sesak.

6 Macam Jenis Kawat Gigi atau Behel Serta Harga Pemasangannya

Pada artikel kali ini, kami akan membahas informasi mengenai 6 Macam Jenis Kawat Gigi atau Behel Serta Harga Pemasangannya yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.

6 Macam Jenis Kawat Gigi atau Behel Serta Harga Pemasangannya

Jenis Kawat Gigi
Berikut beberapa jenis kawat gigi yang mungkin dapat menjadi pilihan anda untuk mengoreksi posisi gigi.

1. Kawat gigi permanen
Kawat gigi permanen merupakan sarana ortodontik yang sangat umum digunakan. Terdiri dari kotak-kotak yang terhubung satu sama lain oleh kawat dan diletakan pada setiap gigi. Kawat gigi atau behel jenis ini biasanya digunakan untuk memperbaiki beberapa letak gigi sekaligus serta untuk mencegah munculnya masalah pada gigi di kemduian hari.

Kawat gigi atau behel permanen ini umumnya terbuat dari logam, sehingga mudah untuk terlihat. Namun sekarang telah banyak yang menawarkan kawat gigi yang terlihat tidak terlalu jelas yang terbuat dari plastik atau keramik. Akan tetapi harga kawat gigi jenis ini biasanya lebih mahal.

2. Kawat gigi lepas-pasang
Kawat gigi atau behel lepas-pasang ini biasanya digunakan untuk mengoreksi gigi yang bengkak dan berbagai masalah minor lainnya. Kawat gigi jenis ini berupa penampang plastik yang menutup langit-langit mulut dan ditautkan pada beberapa gigi. Biasanya kawat gigi jenis ini akan dilepas disaat akan menggosok gigi dan melakukan olah raga tertentu.

3. Alat Fungsional
Sepasang kawat plastik lepas-pasang yang dipadukan serta ditempatkan pada bagian gigi atas dan bawah. Jenis ini biasanya digunakan untuk orang yang memiliki masalah pada posisi rahang atas atau bawah yang mana tidak dengan gigi bagian atas atau bagian bawah. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, alat ini harus digunakan sepanjang waktu dan hanya dilepas disaat akan makan serta saat akan dibersihkan.

4. Headgear
Headger adalah pengait yang tersambung dari kawat gigi dan ditempatkan pada kepala untuk menarik posisi gigi depan. Penggunaan alat ini biasanya dilakukan beberapa jam di malam hari atau digunakan disaat sedang tidur. Hal ini dilakukan karena pengunanya tidak bisa makan atau minum disaat sendang menggunakan Headgear.

5. Retainer
Biasanya Retainer digunakan ketika menjelang akhir masa perawatan dokter ortodonti. Alat ini memiliki fungsui untuk menstabilkan posisi baru pada gigi, tulang, gusi serta untuk mencegah posisinya kembali ke semula. Retainer dapat bersifat lepas-pasang atau permanen. Penggunaan alat ini mungik akan perlu untuk digunakan beberapa waktu dalam sehari, hal ini disebabkan karena dari waktu ke waktu posisi gigi akan terus berubah ubah sebagai proses alami.

6. Kawat tidak tampak
Kawat gigi jenis ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya. Kawat lingual yang tidak tampak adalah kawat gigi yang ditempatkan pada bagian belakang gigi dan tidak tampak dari luar.

Harga Pemasangan Kawat Gigi
Pmasangan kawat gigi atau behel memiliki tarip yang cukup mahal, yaitu berkisar antara 5 juta hingga puluhan juta rupian. Umumnya, biaya ini belum termasuk dalam biaya foto panoramik, jasa konsultasi dokter, cetak rahang atas bawah, serta alat kesehatan lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai 6 Macam Jenis Kawat Gigi atau Behel Serta Harga Pemasangannya yang dapat kami sampaikan. Semoga saja informasi yang telah disampaikan dapat membantu anda untuk memilih kawat gigi yang tepat.

6 Macam Jenis Kawat Gigi atau Behel Serta Harga Pemasangannya

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*