5 Alasan Mengapa Ibu Hamil Mudah Mengalami Kelelahan

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas, sehingga mereka merasa malas atau kurang bersemangat untuk beraktivitas. Berikut 5 Alasan Mengapa Ibu Hamil Mudah Mengalami Kelelahan yang perlu untuk diketahui, supaya bisa mengatasi kelelahan tersebut dengan baik.

5 Alasan Mengapa Ibu Hamil Mudah Mengalami Kelelahan

5 Alasan Mengapa Ibu Hamil Mudah Mengalami Kelelahan

Walaupun berat badan pada ibu hamil muda belum bertambah banyak, akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang merasakan kelelahan berlebih. Pada sebagain wanita, kelelahan tersebut baru mereka rasakan ketika kandungan menginjak usia tujuh bulan, namun, terdapat juga ibu hamil yang merasakan kelelahan tersebut sepanjang masa kehamilan.

Berikut 5 Alasan Mengapa Ibu Hamil Mudah Mengalami Kelelahan yang terkadang sering disalahartikan sebagai alasan malas untuk beraktivitas :

Perubahan hormon
Adanya peningkatan hormon progesteron merupakan salah satu penyebab ibu hamil sering mengalami kelelahan. Hormon ini juga dapat membuat ibu hamil menjadi sering merasa ngantuk. Selain itu, tubuh mengalami produksi darah yang disertai dengan penurunan tekanan darah serta kadar gula dalam darah. Sayangnya, walaupun ibu hamil sering merasa ngantuk, tidak sedikit ibu hamil muda yang mengalami gangguan tidur ketika di malam hari yang disebabkan karena rasa ingin buang air kecil, sehingga mereka tidak bisa mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Mual dan Muntah
Walaupun sering disebut morning sickess, akan tetapi sebenarnya mual serta muntah pada ibu hamil dapat terjadi kapan saja sepanjang hari. Ketika ibu hamil mual dan muntah, maka banyak energi yang terkuras, sehingga dapat menyebabkan kelelahan.

Cemas
Salah satu yang dapat memengaruhi kondisi fisiki ibu hamil adalah faktor emosi, salah satunya yaitu ketika mereka sedang mengalami kecemasan. Terdapat beberapa hal yang bisanya menjadi penyebab ibu hamil sering mengalami kecemasa, beberapa diantaranya yaitu, persiapan menjadi seorang ibu, kondisi kesehatan sang bayi, hingga perasaannya mengenai kehamilan tersebut. Ibu hamil perlu untuk mengatasi rasa kecemasan tersebut, supaya tidak berujung menjadi depresi.

Anemia
Jangan terlalu cepat beranggapan bahwa ibu hamil itu malas. Bisa saja rasa malas tersebut terjadi karena rasa lelah yang dirasakan oleh ibu hamil yang disebabkan karena ibu hamil tersebut mengalami aneima defisiensi zat besi.

Penambahan beban
Biasanya ibu hamil akan mengalami kelelahan karena adanya penambahan beban yang disebabkan karena semakin bertambahnya berat bayi serta berat badan ibu. Kondisi ini dapat memicu ibu hamil mengalami kesulitan untuk tidur serta sering buang air kecil, yang kemudian dapat menyebabkan ibu hamil tersebut mengalami kelelahan.

Jangan pernah kita sebagai keluarga beranggapan bahwa, ibu hamil itu memiliki pribadi yang malas atau pun dengan sebutan yang lainnya, yang mungkin disebabkan karena perubahan kondisi fisik yang dialaminya. Berilah dukungan kepada ibu hamil supaya ibu hamil dan juga bayinya bisa tetap sehat hingga persalinan.

5 Alasan Mengapa Ibu Hamil Mudah Mengalami Kelelahan

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*