25 Macam Jenis Penyakit Kanker

Sebenarnya terdapat 200 lebih jenis kanker berdasarkan asal jaringan tempat sel tersebut tumbuh. Akan tetapi pada pagi kali ini, stikesku.com hanya akan berbagi informasi 25 Macam Jenis Penyakit Kanker Berbahaya danĀ  Mematikan yang mungkin untuk perlu anda ketahui, sehingga pengetahuan anda seputar penyakit kanker dapat bertambah.

25 Macam Jenis Penyakit Kanker

Kanker adalah suatu penyakit yang diakibatkan karena adanya pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal dan tidak terkontrol. Tidak sedikit orang yang terlihat sehat akan tetapi setelah dilakuka pemeriksaan orang tersebut mengidap penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kanker sering muncul secara tiba tiba.

Berikut 25 Macam Jenis Penyakit Kanker Berbahaya dan Mematikan :

1. Kanker Darah
Kanker darah atau yang juga sering disebut dengan leukimia merupakan suatu kondisi dimana sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang terserang sel kanker. Pada penderita kanker darah, sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan secara berlebihan. Sedangkan pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.

2. Kanker Ginjal
Ginjal adalah organ di dalam tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dari darah dan mengubahnya menjadi urine. Seperti organ tubuh yang lainnya, kanker juga bisa saja terserang sel kanker. Walaupun dalam tubuh manusia terdapat dua buah ginjal, akan tetapi biasanya kanker hanya menyerang salah satu ginjal saja.

3. Kanker Hati
Kanker Hati adalah suatu jenis kanker yang menyerang hati. Kanker hati terbagi menjadi dua jenis, yang pertama yaitu kanker yang berawal di organ hati yang di sebut dengan kanker hati primer. Kanker hati jenis ini termasuk jenis kanker yang berpotensi fatal. Yang ke dua adalah kanker hati sekunder yang mana kanker tersebut bermula dari bagian tubuh lain, seperti usus, sebelum menyebar ke hati.

4. Kanker Kandung Kemih
Adanya pertumbuhan tumor atau jaringan tidak normal pada dinding kandung kemih yang bersifat ganas merupakan suatu kondisi yang disebut dengan kanker kandung kemih. Perlu anda ketahui bahwa kandung kemih memiliki fungsi untuk menampung urine sebelum disalurkan keluar tubuh saat buang air kecil.

5. Kanker Kolorektal
Sesuai dengan namanya, kanker kolorektal merupakan penyakit kanker yang tumbuh pada rektum atau usus besar (kolon). Umumnya penyakit kanker ini berawal dari terjadinya pertumbuhan polip di sepanjang dinding permukaan dalam usus besar serta rektum.

Walaupun pada umumnya pertumbuhan polip tersebut bersipat jinak, akan tetapi bisa juga berpotensi menjadi ganas, apalagi jika polip tersebut sudah ada pada usus dan rektum selama 5 hingga 15 tahun.

6. Kanker Kulit Melanoma
Kanker kulit melanoma adalah jenis penyakit yang sangat jarang terjadi. Akan tetapi, penyakit ini sangat berbahaya. Kanker jenis ini berawal dari kulit manusia dan dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Adanya perubahan pada tahi lalat atau adanya kemunculan tahi lalat baru biasanya menjadi tanda umum atau gejala melanoma.

7. Kanker Lambung
Lambung merupakan organ yang terdapat dalam rongga perut manusia yang menjadi salah satu bagian dari sistem pencernaan. Kanker lambung sendiri adalah jenis penyakit kanker yang menyerang lambung. Umumnya penderita penyakit ini berada di atas usia 55 tahun, akan tetapi penyakit ini juga dapat terjadi pada siapa saja dan segala jenis usia.

8. Kanker Laring
Adanya pertubuhan sel tidak normal atau tumor pada jaringan kotak suara atau laring merupakan suatu kondisi yang disebut dengan kanker laring. Laring merupakan bagian dari tenggorokan yang memiliki fungsi penting dalam membantu proses bernapas dan bicara kita.

Pria memiliki resiko terkena penyakit ini 4 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita. Akan tetapi, kanker laring dapat terjadi pada siapa saja dan pada segala jenis usia.

9. Kanker Lidah
Adanya pertumbuhan sel sel kanker pada lidah merupakan suatu kondisi yang disebut dengan kanker lidah. Sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah merupakan tempat yang paling sering terkena kanker.

10. Kanker Mata
Kanker mata adalah jenis kanker yang dapat menyerang bagian dalam mata (kanker intraokular) atau bagian luar mata (misalnya, kelopak mata). Kanker mata merupakan jenis kanker yang sangat jarang terjadi.

11. Kanker Mulut
Kanker mulut merupakan jenis kanker yang jarang terjadi. Kanker mulut adalah suatu kondisi ketika adanya pertumbuhan sel kanker di dalam mulut seperti bibir, gusi, lidah, langit-langit mulut serta dinding mulut. Penyakit kanker jenis ini bisa menyebar ke jaringan-jaringan di sekitar mulut secara langsung atau melalui kelenjar getah bening.

12. Kanker Otak
Kanker otak adalah suatu kondisi ketika pada otak terdapat pertumbuhan sel-sel tumor ganas dari otak dan tulang belakang yang dapat menyebar ke bagian lain. Walaupun kanker otak berawal dari pertumbuhan tumor pada otak, akan tetapi perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua tumor otak bersifat ganas dan bisa dikategorikan sebagai kanker, karena terdapat juga tumor otak yang bersifat jinak. Tumor otak jinak adalah sekumpulan sel-sel otak yang tumbuh perlahan dan tidak menyebar ke bagian lain.

13. Kanker Ovarium
Adanya pertumbuhan sel kanker pada indung telur atau ovarium merupakan suatu kondisi medis yang disebut dengan kanker ovarium. Kanker Ovarium menduduki posisi ke tujuh yang paling umum menyerang wanita jika dibandingkan dengan jenis kanker lainnya. Pada tahun 2012, diperkirakan terdapat sekitar 239.000 kasus kanker ovarium baru yang muncul di seluruh dunia.

14. Kanker Pankreas
Pankreas adalah sebuah kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan memiliki panjang sekitar 15 cm. Kanker pankreas sendiri adalah merupakan penyakit yang dikarenakan terjadinya pertumbuhan sel kanker di dalam pankreas. Kondisi ini umumnya lebih sering dialami oleh orang yang berusia di atas 75 tahun, dan juga bisa di alami oleh siapa saja, baik pria ataupun wanita.

15. Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-Paru adalah adanya pertumbuhan sel kanker pada paru-paru. Walaupun kanker paru-paru merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang mudah untuk di cegah, akan tetapi kanker jenis ini adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi.

Kanker paru-paru sendiri terbagi menjadi dua yaitu, kanker paru-paru primer yaitu yang berawal daru paru-paru itu sendiri dan kanker paru-paru sekunder yang diakibatkan dari penyebaran kanker pada organ tubuh lainnya yang menyebar pada paru-paru.

16. Kanker Payudara
Kanker Payudara merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang sangat umum terjadi pada wanita. Walaupun lebih umum diidap oleh wanita, akan tetapi pria juga bisa terserang penyakit kanker jenis ini.

Adanya benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara merupakan gejala awal yang paling umum terjadi pada pengidap kanker payudara. Akan tetapi, perlu anda ingat bahwa sebagian besar benjolan yang ada pada payudara belum tentu menandakan penyakit kanker.

17. Kanker Prostat
Menurut data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua yang terjadi pada pria. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi.

Prostat memiliki fungsi untuk membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.

18. Kanker Rahim
Kanker rahim atau yang juga sering disebut dengan kanker endometrium adalah suatu kondisi medis ketika sel kanker tumbuh dan berkembang pada sel-sel yang membentuk dinding rahim atau istilah medisnya endometrium. Dalam sistem reproduksi wanita, rahim merupakan bagian yang sangat penting sekali.

19. Kanker Serviks
Adanya pertumbuhan kanker pada leher rahim wanita merupakana penyakit yang disebut dengan kanker serviks. Leher rahim memiliki fungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Kanker jenis ini dapat terjadi pada semua wanita dengan segala jenis usia. Akan tetapi kebanyakan orang yang mengidap penyakit kanker ini adalah wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun, dan sangat jarang terjadi pada wanita yang berusia di bawah 25 tahun.

20. Kanker Tenggorokan
Adanya pertumbuhan tumor pada di tenggorokan, sekitar faring, laring, atau tonsil merupakan suatu kondisi medis yang disebut dengan kanker tenggorokan. Gejala kanker tenggorokan bisa beragam dan tidak sama pada tiap penderita. Beberapa gejala umum yang biasanya dirasakan oleh penderita kanker tenggorokan adalah mengalami keulitan saat menelan, suara mengalami perubahan, mengalami batuk kronis dan sakit tenggorokan, serta masih banyak yang lainnya lagi.

21. Kanker Testis
Kanker testis merupakan suatu jenis penyakit yang sangat jarang terjadi, selain itu, biasanya penyakit ini mengidap pada pria yang berusia sekitar 15-49 tahun. Kanker testis adalah suatu kondisi medis ketika adanya pertumbuhan sel-sel secara abnormal pada bagian testis.

22. Kanker Tiroid
Kanker tiroid adalah pertumbuhan sel abnormal di dalam kelenjar tiroid. Kanker ini merupakan jenis penyakit kanker yang jarang terjadi serta umumnya mudah untuk disembuhkan jika diketahui sejak awal.

23. Kanker Tulang
Kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang. Penyakit ini dapat diidap oleh anak-anak hingga orang dewasa. Belum dapat diketahui secara pasti apa yang menyebabkan penyakit jenis ini, akan tetapi kondisi ini terjadi dikarenakan adanya perubahan atau mutasi di dalam struktur DNA yang mengendalikan pertumbuhan sel sehingga sel-sel tersebut terus tumbuh di luar kendali.

24. Kanker Usus Besar
Kanker usus besar merupakan jenis penyakit kanker yang umumnya diidap oleh orang yang berusia di atas 60 tahun. Walaupun begitu, kanker jenis ini juga dapat terjadi pada siapa saja dan segala jenis usia. Kanker usus besar adalah suatu keadaan diaman usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia terserang kanker.

25. Kanker Vagina
Kanker vagina adalah jenis kanker yang muncul pada vagina. Kanker jenis ini merupakan penyakit yang sangat langka. Vagina adalah saluran yang menghubungkan serviks (leher rahim) dengan bagian luar tubuh dan jalan keluar bayi saat persalinan normal.

Itulah informasi mengenai 25 Macam Jenis Penyakit Kanker Berbahaya dan Mematikan yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi di atas dapat menambah wawasan anda seputar penyakit kanker.

25 Macam Jenis Penyakit Kanker

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*