16 Macam Jenis Gangguan Psikologi

Mungkin dalam pikiran anda, gangguan psikolog adalah orang yang sakit jiwa. Tapi perlu anda ketahui, sebenarnya terdapat berbagai macam jenis gangguan psikologi. Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi mengenai 16 Macam Jenis Gangguan Psikologi Yang Sering Terjadi dan mungkin anda juga sedang mengalaminya.

Apa saja yang mencakup Psikologi?
Psikologi mencakup empat bidang yaitu kesehatan mental, kondisi emosi, cara pikiran mengelola informasi dan perilaku sosial manusia. Psikologi perlu dijaga sebagai bagian penting dari kesehatan holistik manusia.

Berikut 16 Macam Jenis Gangguan Psikologi Yang Sering Terjadi

16 Macam Jenis Gangguan Psikologi Yang Sering Terjadi

1. ADHD
ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder atau yang juga lebih sering dikenal dengan istilah hiperaktif adalah gangguan jangka panjang yang menyerang anak dengan gejala-gejala yang dapat berlangsung hingga dewasa. Sulit konsentrasi serta munculnya perilaku hiperaktif dan impulsif merupakan beberapa gejala dalam perilaku yang dialami oleh penderita ADHD.

2. Anoreksia Nervosa
Terobsesi untuk mendapatkan tubuh yang kurus dan sangat takut jika mereka terlihat gendut atau gemuk merupakan suatu masalah kesehatan jiwa yang mana disebut dengan Anoreksia Nervosa.

Biasanya orang yang mengalami gangguan tersebut selalu merasa bahwa tubuh mereka masih gemuk atau kurang kurus meski kenyataannya tidak seperti itu. Biasanya kondisi ini rawan dialami oleh seseorang yang berusia 16-17 tahun.

3. Autisme
Mungkin semua orang pernah mendengar kata autisme. Tapi apakah anda tau apa sebenarnya yang maksud dengan autisme? Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan seseorang yang mempengaruhi komunikasi, interaksi sosial dan juga perilaku. Walaupun kondisi autisme tidak dapat disembuhkan, akan tetapi terdapat berbagai langkah yang dapat anda lakukan untuk membantu para penyandang autisme.

4. BPD (Borderline Personality Disorder)
Terganggunya kesehatan mental seseorang merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan Borderline personality disorder (BPD) atau yang juga biasa disebut dengan gangguan kepribadian ambang.

Kondisi BPD (Borderline Personality Disorder) berdampak pada cara berpikir dan perasaan terhadap diri sendiri maupun orang lain,  serta adanya pola tingkah laku abnormal.

5. Bulimia
Bulimia adalah gangguan makan yang serius dan berpotensi mengancam jiwa. Gangguan mental ini bisa terkait dengan rasa rendah diri tingkat ekstrem, kecanduan minuman keras, depresi, serta kecenderungan menyakiti diri sendiri.

Biasanya pengidap bulimia akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang tidak sedikit atau berlebihan, setelah itu makanan tersebut dikeluarkan lagi dari dalam tubuh secara paksa dengan menggunakan obat pencahar atau dengan cara dimuntahkan paksa. Cara yang tidak sehat ini dilakukan oleh pengidap untuk melenyapkan kalori berlebih yang telah dikonsumsi agar berat badannya tetap terjaga.

6. Delirium
Mengalami kebingungan parah dan berkurangnya kesadaran terhadap lingkungan sekitar merupakan kondisi yang biasanya dialami oleh penderita delirium.  Pada fase awal, delirium akan berkembang cukup cepat, dari beberapa jam sampai beberapa hari.

Terdapat beberapa gejala yang biasanya dialami oleh penderita delirium, beberapa diantaranya yaitu, berkurangnya kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya, kemampuan berpikir yang buruk (gangguan kognitif), gangguan emosional, serta perubahan perilaku.

7. Depresi
Mungkin anda pernah mendengar atau bahkan pernah mengalami depresi. Depresi adalah suasana hati yang buruk dan berlangsung selama kurun waktu tertentu. Biasanya seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasakan kesedihan yang berkepanjangan, tidak memiliki harapan, tidak memiliki motivasi untuk beraktifitas, menjadi tidak tertarik pada hal yang dulunya dapat menghibur, serta selalu menyalahkan diri sendiri.

8. Fobia
Mengalami rasa takut yang berlebihan terhadap situasi atau objek tertentu merupakan suatu kondisi yang disebut dengan fobia. Tak jarang ketakutan berlebihan tersebut membuat seseorang menjadi depresi dan mengalami kecemanan serta kepanikan yang parah.

9. Gangguan Bipolar
Anda sering mengalami perubahan suasana hati secara drastis dan fluktuatif ? Mungkin anda mengalami gangguan bifolar. Biasanya suasana hati seseorang yang mengalami gangguan bipolar akan mudah berubah seperti dari yang awalnya sangat bahagia tiba tiba berubah menjadi sangat murung atau juga sebaliknya.

10. Gangguan Kepribadian
Gangguan kepribadian merupakan suatu keadaan dimana penderitanya memiliki perilaku dan pola pikir tidak sehat serta berbeda dari orang orang biasanya. Selain itu, biasanya orang yang mengalami kondisi ini sulit untuk memahami, merasakan atau berinteraksi dengan orang lain. Sehingga tidak sedikit orang yang memiliki kondisi ini mengalami masalah dalam situasi sosialnya.

11. OCD (Obsessive Compulsive Disorder)
OCD (Obsessive Compulsive Disorder) atau yang juga disebut dengan Gangguan obsesif kompulsif adalah kelainan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki perilaku yang bersifat kompulsif dan memiliki pikiran obsesif. Biasanya seseorang yang mengalami kondisi ini akan mengalami perilaku repetitif (kompulsi) yang disebabkan karena pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal (obsesi).

Sebagai contoh, ketika seseorang yang mengidap OCD (Obsessive Compulsive Disorder) akan pergi meninggalkan rumah, maka orang tersebut merasa harus memeriksa pintu dan jendela lebih dari tiga kali sebelum meninggalkan rumahnya.

12. Insomnia
Ketika seseorang tidak bisa cukup tidur dalam waktu yang dibutuhkan tubuh atau bahkan mengalami kesulitan untuk tidur merupakan suatu kondisi yang disebut dengan Insomnia. Biasanya kondisi pisik seseorang yang menderita insomnia akan mengalami penurunan yang disebabkan karena kurangnya tidur untuk istirahat.

13. Kleptomania
Kleptomania merupakan suatu kondisi dimana penderitanya tidak dapat menahan diri untuk mencuri atau mengutil. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, akan tetapi perempuan lebih sering mengalami kondisi ini. Selain itu, masa remata atau juga masa ketika memasuki dewasa merupakan masa dimana gangguan ini mulai terbentuk pada seseorang.

Para penderita kleptomania kerap melakukan aksinya di tempat umum, seperti di warung, toko, dan supermarket. Sebagian ada juga yang mengutil dari rumah teman.

14. ODD (Oppositional Defiant Disorder)
ODD atau Oppositional Defiant Disorder adalah salah satu gangguan perilaku pada anak serta remaja. Anak yang mengalami ODD umumnya akan menunjukan sika yang meliputi, uring-uringan, marah-marah, sering berdebat dengan figur otoritas (misalnya orang tua, pengasuh, maupun guru) dan juga sering membantah.

15. PTSD
PTSD (post-traumatic stress disorder) atau yang sering disebut dengan gangguan stres pasca trauma merupakan suatu kondisi kejiwaan yang dipicu oleh kejadian tragis yang pernah dialami. Mengalami kecelakaan lalu lintas, tindak kejahatan seperti pemerkosaan atau perampokan, bencana alam, atau pengalaman di medan perang merupakan contoh peristiwa traumatis yang dapat memicu seseorang mengalami kondisi ini.

16. Skizofernia
Skizofrenia sering digambarkan sebagai penyakit gila adalah suatu kondisi yang mana menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku. Oleh karena itu, penderita skizofrenia sulit dalam berinteraksi secara sosial dan beraktivitas sehari-hari.

Sebenarnya masih banyak jenis gangguan psikologi selain yang telah dijelaskan di atas. Semoga saja informasi mengenai 16 Macam Jenis Gangguan Psikologi Yang Sering Terjadi yang telah disampaikan diatas dapat bermanfaat untuk semuanya.

16 Macam Jenis Gangguan Psikologi Yang Sering Terjadi

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*