12 Macam Jenis Penyakit Yang Menyerang Paru-Paru

Paru-Paru merupakan organ dalam tubuh manusia yang memiliki dua fungsi utama yaitu menyebarkan oksigen ke dalam darah saat menghirup napas dan membuang karbondioksida saat menghela napas. Terdapat berbagai macam jenis penyakit yang dapat menyerang organ paru-paru, salah satunya yaitu penyakit kanker paru-paru.

Pada kesempatan kali ini stikesku.com akan berbagi informasi mengenai 12 Macam Jenis Penyakit Yang Menyerang Paru-Paru yang mungkin perlu untuk anda ketahui.

12 Macam Jenis Penyakit Yang Menyerang Paru-Paru

 

12 Macam Jenis Penyakit Yang Menyerang Paru-Paru

1. Pneumonia
Pneumonia atau yang lebih sering disebut dengan paru-paru basah adalah suatu kondisi ketika paru-paru mengalami peradangan pada salah satu atau keduanya yang disebabkan oleh infeksi. Paru-Paru penderita pneumonia biasanya mengalami pembengkakan dan penuh cairan.

2. Legionnaire
Penyakit Legionnaire merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang pada paru-paru. Jenis penyakit ini merupakan infeksi saluran permapasan akut yang disebabkan oleh bakteri Legionella Pneumophilia, serta spesies lain dari Legionella yang juga dapat menyebabkan serangkaian penyakit pernapasan lainya, seperti batuk ringan, demam, dan pneumonia.

3. Efusi Pleura
Adanya penumpukan cairan di antara dua lapisan pleura (membran yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam) adalah suatu kondisi yang disebut dengan efusi pleura.

Cairan yang diproduksi pleura ini sebenarnya memiliki manfaat sebagai pelumas yang membantu kelancaran pergerakan paru-paru ketika bernapas. Akan tetapi ketika cairan tersebut berlebihan dan menumpuk, maka akan menyebabkan berbagai gejala, seperti dada terasa nyeri saat akan menarik dan membuang napas, batuk, demam, dan sesak napas.

4. TBC atau Tuberculosis
Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar kedua di dunia setelah HIV. Adanya infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer adalah penyebab penyakit ini. TBC ditularkan melalu droplet/udara.

5. Pneumothorax
Pneumothorax adalah suatu kondisi yang mana adanya penimbunan udara pada rongga pleura, yaitu dinding tipis di antara paru-paru dan rongga dada. Tekanan dari udara yang menumpuk tersebut dapat memicu pengempisan paru-paru hingga kolaps.

6. Asma
Asma merupakan suatu penyakit yang mana penderitanya merasakan sulit untuk bernapas, mengalami batuk-batuk dan mengalami mengi ketika kambuh. Asma merupakan penyakit jangka panjang dan tingkat keparahan pada tiap penderitanya berbeda beda.

Asma adalah suatu penyakit yang terjadi ketika terjadinya peradangan pada bronkus atau saluran napas. Bronkus yang bentuknya seperti tabung kecil ini memiliki fungsi untuk membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru.

7. Penyakit Paru Obstruktif Kronisk ( PPOK )
PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis adalah istilah yang digunakan untuk sejumlah penyakit yang menyerang paru-paru untuk jangka panjang. Biasanya pengidap penyakit ini akan mengalami kesulitan bernapas yang dikarenakan terhalangnya aliran udara dari dalam paru-paru.

8. Bronkitis
Bronkitis adalah suatu penyakit yang terjadi ketika bornkus atau saluran udara ke paru-paru mengalami infeksi yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut.

Terdapat beberapa gejala yang biasanya dialami oleh penderita bronkitis, beberapa diantaranya yaitu, Batuk-batuk disertai lendir berwarna kuning keabu-abuan atau hijau, mengalami sakit pada tenggorokan, merasakan sesak napas, Hidung beringus atau tersumbat, merasakan sakit atau rasa tidak nyaman pada dada, serta sering mengalami kelelahan.

9. Emfisema
Emfisema adalah penyakit progresif jangka panjang yang terjadi pada paru-paru dan ditandai dengan sesak nafas yang hebat. Kerusakan pada jaringan paru-paru dan hilangnya elastisitas paru-paru menyebabkan perubahan yang membuat sangat sulit bernapas.

10. Edema Paru
Edema paru adalah suatu kondisi yang terjadi karena adanya penumpukan cairan di dalam kantong paru-paru (alveoli) dan biasanya ditandai dengan gejala sulit bernapas. Penderita biasanya akan merasakan kelelahan dengan suara napas tersumbat yang khas (mengi).

11. Emboli Paru
Emboli paru adalah kondisi di mana arteri pulmonalis tersumbat. Arteri pulmonalis adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju paru-paru. Materi penyumbat arteri pulmonalis biasanya adalah gumpalan darah yang berasal dari kaki, atau bagian tubuh lainnya. Ukuran gumpalan darah yang menyumbat kebanyakan cukup kecil sehingga tidak membahayakan nyawa. Tapi sekecil apa pun, gumpalan darah itu tetap bisa merusak paru-paru. Penderita emboli paru membutuhkan perawatan secepatnya untuk mengurangi risiko kerusakan paru-paru.

12. Kanker Paru-Paru
Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling bisa dicegah. Akan tetapi walaupun penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mudah, Penyakit kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum dan serius. Di Indonesia saja terdapat kenaikan 20% penderita setiap tahunnya, kenaikan ini berbanding lurus dengan peningkatan jumlah perokok di Indonesia. Sehingga ada kemungkina faktor risiko terbesar terkena penyakit ini adalah merokok, yang dihubungkan dengan 9 dari 10 kasus yang ada.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 12 Macam Jenis Penyakit Yang Dapat Menyerang Paru-Paru yang bisa saya sampaikan. Semoga saja informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat sehingga menambah wawasan anda mengenai penyakit pada paru-paru.

12 Macam Jenis Penyakit Yang Menyerang Paru-Paru

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*