12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata

12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata,- Tidak dapat kita pungkiri, bahwa Mata adalah jendela dunia. Hal ini dikarenakan mata memiliki fungsi untuk melihat. Bisa anda bayangkan, mungkin tanpa kehadiran mata, anda tidak dapat melihat indahnya dunia dan warna warni kehidupan dunia.

12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata

Tapi perlu anda ketahui juga, bahwa mata juga dapat mengalami penurunan fungsi yang dapat menyebabkan penglihatan kita tidak baik. Kondisi tersebut dapat terjadi oleh berbagai faktor.

Pada artikel kali ini stikesku.com akan berbagi informasi mengenai 12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata serta Penyebabnya yang mungkin perlu untuk anda ketahui, supaya anda bisa menjaga fungsi mata agar tetap baik.

Berikut Adalah 12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata serta Penyebabnya

1. Bintitan
Bintitan adalah suatu kondisi ketika pada tepi kelopak mata terdapat bintil yang berbentuk seperti jerawat atau bisul yang terasa menyakitkan. Biasanya bintitan tersebut hanya muncul pada satu mata saja. Umumnya kondisi seperti ini tidak akan berdampak buruk terhadap kemampuan penglihatan pengidapnya.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Bakteri ini biasanya hidup pada kulit manusia tanpa menyebabkan penyakit. Akan tetapi jika anda menyentuhk mata dengan tangan yang kotor, maka risiko anda terkena bintitan akan meningkat.

Selain itu, peradangan pada kelopak mata atau blefaritis juga dapat menjadi pemicu seseorang mengalami bintitan. Terutama jika Anda mengidap blefaritis jangka panjang. Infeksi bakteri atau komplikasi akibat penyakit kulit rosaseae dapat menjadi penyebab kondisi tersebut terjadi.

2. Blefaritis
Blefaritis merupakan suatu kondisi dimana pada tepi kelopak mata mengalami peradangan yang mana dapat menyebabkan bagian tersebut menjadi terlihat membengkan dan memerah. Umumnya kondisi ini mengenai kedua mata, yang mana biasanya peradangan pada salah satu mata akan terlihat parah jika dibandingkan dengan mata yang satunya lagi.

Infeksi bakteri pada mata merupakan penyebab umum yang mengakibatkan mata mengalami blefaritis atau peradangan pada mata.

3. Glaukoma
Glaukoma adalah suatu kondisi yang mana penderitanya mengalami gangguan penglihatan. Kondisi ini umumnya disebabkan karena terjadinya peningkatan tekanan di dalam mata (tekanan intraokular) yang dikarenakan produksi cairan mata yang berlebihan atau dikarenakan saluran pembuangan cairan mata terhalang.

Tekanan ini dapat merusak serabut saraf retina atau jaringan saraf yang melapisi bagian belakang mata dan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak juga. Hingga kini, belum jelas kenapa produksi cairan mata bisa berlebihan atau kenapa saluran pembuangannya bisa tersumbat.

4. Katarak
Katarak merupakan suatu kondisi dimana penglihatan penderitanya menjadi kabur yang dikarenakan lensa pada matanya yang biasa bening mengalami keruh. Belum diketahui secara pasti apa yang menjadikan seseorang terkena katarak, akan tetapi seiring bertambahnya usia, biasanya protein yang membentuk lensa mata akan berubah, termasuk kandungan airnya. Kondisi tersebutlah yang mungkin menjadi penyabab lensa mata yang awalnya bening berubah menjadi keruh.

5. Keratitis
Terjadinya inflamasi atau peradangan pada kornea mata adalah suatu kondisi yang disebut dengan keratitis. Kondisi umum yang biasanya menjadi penyebab keratitis adalah adanya cedera atau infeksi pada mata.

6. Konjungtivitis
Konjungtivitis adalah suatu kondisi dimana bagian depan mata atau konjungtivita mengalami peradangan selaput dan biasanya menyebabkan wana mata berubah menjadi kemerahan. Awalnya kondisi ini hanya menjangkit pada satu mata, akan tetapi setelah beberapa jam akan menjadit kedua mata.

7. Mata Kering
Sesuai dengan namanya, mata kering adalah kondisi dimana kurangnya cairan pada mata yang dikarenakan produksi air mata yang terlalu sedikit atau dikarenakan air mata yang mudah menguap.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab Turunnya atau terganggunya produksi air mata, serta menguapnya air mata yang terlalu cepat yang menyebabkan mata kering. Beberapa diantarnya yaitu faktor usia, perubahan hormon, cedera pada mata, efek samping pemakaian kontak lensa, efek samping obat dll.

8. Presbiopi ( Mata Minus )
Presbiopi atau yang sering disebut dengan mata minus adalah suatu kondisi ketika kemampuan fokus terhadap objek jarak dekat mengalami penurunan secara bertahap. Kondisi ini disebabkan karena lensa mata mengalami pengerasan dan kehilangan fleksibitiasnya, sehingga menyebakan lensa tidak bisa fleksibel berubah bentuk untuk memfokuskan cahaya dari benda yang berjarak dekat ke retina mata, sehingga benda terlihat tidak fokus.

9. Pterygium
Tumbuhnya selaput yang menutupi bagian putih pada bola mata merupakan suatu kondisi yang disebut dengan pterygium. Belum dapat diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab pterygium. Akan tetapi merekan yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan yang terkena pajanan sinar matahari, debu, asap, serta angin diduga berpotensi meningkatkan risiko pterygium. Selain itu, mata yang kering juga diduga bisa menjadi faktor pemicu.

10. Miopia ( Rabun Jauh )
Miopia atau yang lebih sering disebut dengan rabun jauh adalah suatu kondisi ketika penglihatan terhadap objek yang jauh terlihat kabur, sedangkan objek yang dekat terlihat sangat jelas.

Penyebab utama rabun jauh adalah karena terjadinya kerusakan refraktif pada mata. Belum dapat diketahui secara pasti apa yang menyebabkan terjadinya kerusakan rerfaktif pada mata. Akan tetapi para parak menduga kondisi ini dapat dipicu oleh dua faktor utama, yaitu keturunan dan pengaruh lingkungan.

11. Retinoblastoma atau Kanker Mata
Retinoblastoma atau Kanker Mata adalah suatu kondisi ketika terdapat sel kanker pada mata. Kondisi ini umumnya lebih sering dialami oleh anak-anak, akan tetapi orang dewasa juga dapat terkena penyakit ini.

Retina manusia dibentuk oleh sel-sel yang disebut retinoblas. Kanker terjadi karena adanya mutasi genetik yang membuat retinoblas terus bereproduksi hingga tumor tumbuh pada retina. Kanker ini dapat tumbuh ke seluruh bagian mata hingga menyebar ke bagian tubuh lain, seperti otak dan tulang belakang.

12. Uveitis
Uveitis adalah suatu kondisi ketika pada lapisan uvea mengalami peradangan. Kondisi ini bisa terjadi secara bertahap dalam beberapa hari atau terjadi secara tiba-tiba.

Uveitis dapat terjadi ketika mata merespons infeksi atau bereaksi terhadap penyakit. Namun, pada sekitar 50% kasus, penyebab uveitis tidak diketahui. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan uveitis, di antaranya : Infeksi, efek samping operasi pada mata, Akibat suatu cedera atau trauma pada mata dll.

Itulah informasi mengenai 12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata serta Penyebabnya yang dapat admin sampaikan. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda seputar penyakit pada mata.

12 Macam Jenis Penyakit Pada Mata serta Penyebabnya

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*