12 Jenis Penyakit Karena Infeksi

Infeksi adalah suatu kondisi kesehatan yang terjadi dikarenakan adanya serangan dan perkembangbiakan mikroorganisme yang pada dasarnya tidak berasal dari dalam tubuh seperti jamur, virus, bakteri dan parasit.

Infeksi dapat terjadi pada satu area tubuh saja atau bisa menyebar melalui darah sehingga menjadi bersifat menyeluruh. Sebenarnya banyak jenis penyakit yang disebabkan karena infeksi jamur, bakteri, virus ataupun parasit. Akan tetapi, pada artikel kali ini stikesku.com akan berbagi informasi mengenai 12 Jenis Penyakit Karena Infeksi Jamur, Bakteri, Virus, dan Parasit yang umum terjadi. Semoga saja informasi yang akan disampaikan ini dapat bermanfaat untuk semuanya.

Berikut 12 Jenis Penyakit Karena Infeksi Jamur, Bakteri, Virus, dan Parasit

12 Jenis Penyakit Karena Infeksi

1. Kandidiasis
Kandidiasis adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena infeksi jamur. Candida adalah nama jenis jamur yang menyebabkan penyakit candidiasis ini. Jamur candida memiliki lebih dari 20 jenis. Walaupun terdapat banyak jenis jamur candida, akan tetapi Jamur Candida albicans adalah jenis candida yang paling sering menyebabkan infeksi.

2 Difteri
Difteri adalah jenis infeksi menular dan sangat berbahaya yang dapat mengancam jiwa penderitanya jika tidak segera dilakukan penanganan yang tepat. Bakteri Corynebacterium diphtheriae dan Corynebacterium ulcerans adalah dua jenis bakteri yang menyebabkan difteri. Penyakit ini menyerang tenggorokan serta selaput lendir pada hidung dan terkadang dapat memengaruhi kulit.

3. Disentri
Diare yang disertai darah atau lendir adalah salah satu gejala yang disebabkan karena disentri. Disentri adalah jenis penyakit yang dikarenakan terjadinya infeksi pada usus. Selain menyebabkan diare, penderita disentri juga biasanya merasakan gejala seperti kram perut, mual, serta muntah.

4. Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Infeksi saluran kemih adalah suatu kondisi ketika bagian-bagian tertentu dari sistem saluran kemih terserang bakteri. Escherichia coli atau E. coli yang umumnya hidup di dalam usus besar dan sekitar anus merupakan bakteri yang paling umum menyebabkan infeksi saluran kemih.

5. Kusta
Kusta adalah salah satu jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Kusta atau yang juga sering disebut dengan lepra adalah salah satu penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, serta mata. Biasanya apabila penyakit ini menyerang sistem saraf, penderitanya akan merasakan mati rasa.

6. Meningitis
Meningitis adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang yang biasanya menyebabkan gejala seperti demam, sakit kepala, dan leher yang terasa kaku. Ketika meradang, biasanya meninges mengalami pembengkakan yang disebabkan terjadinya infeksi. Pada beberapa kasus, kondisi ini dapat merusak sistem saraf dan otak.

7. Otitis Eksterna
Otitis eksterna suatu kondisi ketika saluran telinga bagian luar (lubang telinga luar sampai gendang telinga) mengalami peradangan. Biasanya kondisi ini disebabkan karena adanya infeksi bakter, jamur atau virus pada bagian kulit lembut dari saluran telinga luar yang telah teriritasi oleh air.

Beberapa gejala utama yang biasanya dirasakan oleh penderita penyakit ini berupa bengkak, kemerahan, nyeri, dan seperti ada tekanan dari dalam telinga.

8. Otitis Media
Berbeda dengan otitis eksterna yang terjadi pada saluran telinga bagian luar (lubang telinga luar sampai gendang telinga), otitis media merupakan infeksi yang terjadi pada telinga bagian tengah. Yaitu pada ruang di belakang gendang telinga, di mana terdapat tiga tulang kecil yang menangkap getaran dan meneruskannya ke telinga bagian dalam.

Walaupun kondisi ini lebih umum terjadi pada anak-anak dibawah usia 10 tahun, akan tetapi semua orang juga bisa mengalami kondisi ini. Terjadinya infeksi virus atau bakteri merupakan penyebab umum terjadinya otitis media.

9. Periodontitis
Periodontitis merupakan infeksi gusi berat yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Periodonitis disebabkan karena adanya iritasi bakteri pada bagian gusi di sekitar gigi (gingiva), lambat laun menyebabkan terbentuknya kantong-kantong gusi dan menginfeksi lebih dalam lagi hingga mencapai dasar jaringan gusi. Awalnya kondisi tersebut disebabkan oleh radang gusi yang dibiarkan begitu saja tanpa adanya pengobatan.

10. Radang Panggul
Radang panggul adalah suatu infeksi yang menjangkiti tuba fallopi, rahim, ovarium, leher rahim, atau panggul perempuan. Infeksi menular seksual adalah salah satu penyebab radang panggul. Bakteri pada penyakit menular seksual, seperti chlamydia (klamidia) dan kencing nanah (gonore), adalah beberapa contoh bakteri yang biasanya menyebabkan leher rahim terinfeksi.

11. Tetanus
Tetanus merupakan infeksi yang terjadi pada kulit yang luka dan tidak dirawat dan diobati dengan benar. Clostridium tetani merupakan jenis bakteri yang menyebabkan terjadinya tetanus. Bakteri tersebut masuk ketubuh melalui debu, tanah, serta kotoran hewan dan manusia yang masuk melalui luka terbuka akibat cidera atau luka bakar.

12. Trikomoniasis
Salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang diakibatkan karena terjadinya infeksi adalah Trikomoniasis. Kondisi tersebut biasanya membuat penderitanya mengalami rasa yang tidak nyaman berupa gatal atau perih dan cairan berbau tidak sedap dari bagian intim. Trichomonas vaginalis (TV) merupakan jenis parasit yang menyebabkan penyakit Trikomoniasis ini.

Itulah informasi mengenai 12 Jenis Penyakit Karena Infeksi Jamur, Bakteri, Virus, dan Parasit. Semoga saja informasi yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya.

12 Jenis Penyakit Karena Infeksi Jamur, Bakteri, Virus, dan Parasit

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*