10 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Datang Bulan

Telat datang bulan merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang paling umum. Selain itu, terdapat juga beberapa tanda atau gejala lainnya yang menandakan kehamilan. Pada artikel kali ini stikesku.com akan berbagi informasi mengenai 10 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Datang Bulan untuk menjawab rasa penasaran anda. Supaya anda dapat menjadi lebih yakin apakah anda atau istri anda sedang hamil atau tidak.

10 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Datang Bulan

10 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Datang Bulan

1. Payudara Mengalami Perubahan
Disaat masa awal kehamilan, payudara dapat mengalami perubahan yang disebabkan karena adanya perubahan hormon. Perubahan tersebut dapat berupa payudara menjadi lebih sensitif, terasa lebih padat, dan juga lebih kencang. Pembuluh pada permukaan kulit payudara juga menjadi lebih tampak dan puting menjadi terlihat lebih muncul serta warnanya menjadi lebih gelap.

2. Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering
Selain menjadikan adanya perubahan payudara, perubahan hormon juga dapat membuat wanita menjadi lebih sering ingin kencing atau buang air kecil pada awal masa kehamilan, terutama disaat malam hari. Pada tahap kehamilan selanjutnya, rasa ingin kencing atau buang air kecil lebih disebabkan karena rahim mengalami pembesaran yang menekan kantong kemih.

3. Tubuh terasa sangat lelah
Tanda awal kehamilan pada tahap awal selanjutnya yaitu mengalami kelelahan yang tidak dapat tertahankan dan sering tanpa sebab. Hindari mengatasi kelelahan dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, salah satunya yaitu kopi. Karena kandungan kafein dapat membahayakan kondisi janin. Biasanya gejala tersebut dapat berlanjut terutama pada 3 bulan masa awal kehamilan.

Pada umumnya, kondisi ini dapat disebabkan karena kadar progesteron mengalami peningkatan, serta adanya perubahan produksi darah, detak jantung, serta metabolisme tubuh. Kekelana seperti ini dapat merujuk kepada depresi jika tidak dikelola dengan baik.

4. Sering mengalami mual dan muntah
Rasa mual dan muntah adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh seseorang yang sedang hamil atau mengandung. Pada beberapa wanita hamil, rasa mual ini bisa terjadi hanya pada waktu pagi hari saja atau juga sering disebut dengan morning sickness. Akan tetapi, tidak sedikit juga wanita hamil yang mengalami mual dan muntah hingga sepanjang hari.

Tidak mengosongkan perut, terutama saat anda mengkonsumsi vitamin merupakan langkah yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya mual dan muntah. Mengkonsumsi makanan sedikit demi sedikit dengan frekuensi yang lebih sering merupakan langkah yang disarangkan. Anda juga dapat meringankan gejala ini dengan cara mengkonsumsi permen mint atau jeruk. Umumnya kondisi ini akan berlalu atau hilang setelah masa kehamilan anda memasuki 5 bulan.

5. Menjadi sensitif terhadap bau
Pada masa kehamilan, indra penciuman dapat menjadi lebih tajam terhadap bau-bauan tertentu, baik yang beraroma negatif seperti asap rokok atau yang beraroma positif seperti minyak wangin. Kondisi ini biasanya yang menjadi penyebab terjadinya mual dan muntah. Selain itu, makanan yang biasa dikonsumsi dan memiliki aroma yang kuat seperti bawang dan telur juga dapat menyebabkan mual.

6. Nafsu makan menjadi berkurang atau bahkan hilang
Wanita yang sedang mengandung juga biasanya mengalami penurunan nafsu makan, atau bahkan menjadi hilang. Selera makan yang berkurang ini dapat disebabkan karena sensitifitas terhadap bau-bauan dan juga karena kadar hormon beta-hCG (human chorionic gonadotrophin) mengalami peningkatan.

7. Konstipasi
Konstipasi atau sembelit juga umumnya dapat dirasakan oleh seseorang yang sedang hamil. Kondisi ini disebabkan karena adanya perubahan hormon yang mengakibatkan melambatnya kerja sistem pencernaan.

8. Suasana hati menjadi mudah berubah
Disaat sedang hamil, suasana hati juga dapat dengan mudahnya berubah begitu saja tanpa ada alasan yang jelas. Selain itu, wanita yang sedang hamil juga biasanya akan mudah emosional. Kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon.

9. Sering mengalami pusing
Dimasa awal kehamilan, biasanya anda akan mengalami pusing yang disebabkan karena tekanan darah mengalami penurunan serta pembuluh darah menjadi menyempit.

10. Adanya bercak darah
Adanya bercak darah dari vagina terkadang juga menjadi tanda awal kehamilan. Biasanya adanya bercak darah ini terjadi ketika sel telur yang sudah dibuahi mencapai dinding rahim yaitu sekitar 10 hari setelah pembuahan.

Perlu anda ingat, bahwa semua kondisi di atas belum tentu merujuk kepada tanda awal kehamilan, bisa saja kondisi tersebut disebabkan karena adanya suatu penyakit. Bahkan terdapat beberapa wanita yang tidak mengalami atau merasakan gejala apapun sebelum hamil.

Maka dari itu, melakukan tes kehamilan dapat anda lakukan untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak. Semoga saja informasi mengenai 10 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Datang Bulan yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya.

10 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Datang Bulan

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*